MITRA VALORA NEWS

Kamis, 2017-10-19 00:42 WIB

Empat Daerah Terindikasi Lakukan Pelanggaran, Irwan: Kita Layangkan Teguran

<p>Empat Daerah Terindikasi Lakukan Pelanggaran, Irwan: Kita Layangkan Teguran<p>

VALORAnews -- Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan, akan menindaklanjuti paparan Asisten Komisioner Bidang Pengaduan dan Penyelidikan Komisi...

Pesantren Darul Ulum Padang Magek Butuh Bantuan

AI Mangindo Kayo | Minggu, 05-02-2017 | 18:37 WIB | 418 klik | Kab. Tanah Datar
<p>Pesantren Darul Ulum Padang Magek Butuh Bantuan<p>

Suasana belajar kitab kuning, di Pondok Pesantren Darul Ulum Padang Magek, Tanahdatar. Makin bertambahnya santri, membuat pesantren ini membutuhkan dana tambahan untuk perluasan bangunan asrama. (facebook ampera salim patimarajo)

VALORAnews - Pondok Pesantren Darul Ulum Padang Magek, Tanahdatar, Sumbar, didirikan seorang ulama, Buya Tk Salim Malin Kuning pada 1942 lalu. Beliau lahir tahun 1914 dan meninggal dunia 1987. Semasa hidupnya pernah menjabat wali nagari selama 3 periode di masa orde lama.

"Kini Pesantren Darul Ulum butuh pengembangan tempat tinggal santri. Tempat yang ada sudah tidak muat untuk jumlah santri yang semakin bertambah. Kami butuh uluran tangan donatur dan sumbangan tidak mengikat dari semua pihak," kata H Syahyuti Abas, pimpinan pengelola Pesantren Darul Ulum, di Padang Magek, beberapa waktu lampau.

Disebutkan, Pesantren Darul Ulum ini berada di pinggiran pemukiman masyarakat di Jorong Guguk Gadang, Padang Magek. Sejak 1999 sampai sekarang, belajar mengajar di pondok ini, dipimpin Buya Jakfar Tk Imam Mudo. Beliau berasal dari Nagari Aripan, Kabupaten Solok.


Menurutnya, pesantren ini berkembang pembangunannya berkat dukungan masyarakat, kaum muslimin dan muslimat serta bantuan pemerintah. Kini, pondok ini berdiri kokoh dengan sebuah bangunan utama dua lantai dan satu buah mushalla. Pondok ini juga dikelilingi surau-surau kecil milik masyarakat, yang ditempati para santri belajar mendalami kitab kuning.

Santri yang menimba ilmu agama dengan mendalami kitab kuning di pesantren ini, antara lain berasal dari Kabupaten Padangpariaman, Kabupaten Solok, Kota Sawahlunto, Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Tanahdatar sendiri.

Tk Jakfar Imam Mudo mengatakan, pada tahun-tahun terakhir ini, jumlah santri semakin banyak. Hingga kini santri laki laki dan perempuan sekitar 300 orang. Tempat tinggal santri jadi sempit. Tempat yang tersedia tidak memadai lagi. Untuk itu, perlu ditambah bangunan sederhana sebagai solusinya.

Karena itu, baik Syahyuti Abas maupun Tk Jakfar memberikan kesempatan pada kaum muslimin dan muslimat dimana saja berada, yang berniat berinfak, bersedekah untuk kebutuhan pesantren ini, dapat mengirimkan bantuan ke No Rek. Bank Nagari 0300.0210.03675-1. A/n Bos PPS Pesantren Darul Ulum Padang Magek.

Atau bisa diantar langsung ke alamat Desa Guguak Gadang, Padang Magek, Tanah Datar, Sumbar, sembari berrekreasi melihat wisata religi dan wisata alam. (rls)

Komentar

situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker