MITRA VALORA NEWS

Minggu, 2018-12-16 21:11 WIB

Gempabumi Tektonik Aktifitas Sesar Sumatera Kejutkan Warga di Dinihari

<p>Gempabumi Tektonik Aktifitas Sesar Sumatera Kejutkan Warga di Dinihari<p>

VALORAnews - Gempabumi mengguncang sebagian wilayah Sumatera Barat, Ahad (16/12/2018), pada pukul 00.07 WIB. Hasil analisa BMKG Stasiun Geofisika...

Rutin Donor Darah Bikin Awet Muda

AI Mangindo Kayo | Kamis, 09-03-2017 | 10:08 WIB | 647 klik | Kota Padang
<p>Rutin Donor Darah Bikin Awet Muda<p>

Kepala Dinas Kesehatan Padang, Ferimulyani Hamid bersama Direktur UDD PMI Kota Padang, dr Widyarman, saat berdialog di ruang siar radio milik pemerintah RRI di Padang, Rabu (8/3/2017. (humas)

VALORAnews - Donor darah ternyata cukup banyak manfaat. Selain dapat membantu sesama, donor darah juga menyehatkan.

"Dengan rutin donor darah akan membuat awet muda," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Padang, Ferimulyani Hamid saat berdialog di ruang siar radio milik pemerintah RRI di Padang, Rabu (8/3/2017).

Galibnya, melakukan donor darah setiap sekali tiga bulan. Pada setiap melakukan donor darah itulah sum-sum tulang bekerja aktif memproduksi darah baru.


"Karena sering terjadi pergantian darah dan produksi darah baru itulah membuat sel darah muda terus," sebut Ferry Mulyani.

Direktur UDD PMI Kota Padang, dr Widyarman mengungkapkan hal senada. Menurutnya, dengan rutin melakukan donor darah akan memperpanjang usia. "Badan akan menjadi sehat, kinerja pun meningkat," ulasnya.

Widyarman menyebut, waktu ideal melakukan donor darah yakni sekali dalam tiga bulan. Bahkan kini ada yang mendonor sekali dalam 2,5 bulan. "Maksimal kita mendonor lima kali dalam setahun," terangnya.

Tidak setiap orang dapat mendonorkan darahnya. Calon pendonor yang memiliki riwayat penyakit seperti malaria, jantung, hepatitis, dan lainnya tidak diperbolehkan mendonorkan darahnya.

"Bagi yang tidak memiliki riwayat penyakit akan diperiksa dulu berat badan, haemoglobin, tensi darah, dan lainnya," tukasnya.

Setiap tahunnya pemerintah selalu memberikan reward kepada pendonor darah terbanyak. Penghargaan diberikan langsung oleh Presiden RI di Jakarta. Menurut dr Widyarman, untuk tahun ini Sumatera Barat mengutus 19 orang pendonor terbanyak.

"Padang paling banyak mengirimkan yakni sebanyak 12 orang, kemudian Solok 5 orang, dan Sijunjung sebanyak 2 orang," pungkasnya. (rls/vri)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar