MITRA VALORA NEWS

Sabtu, 2019-12-07 16:49 WIB

Mahyeldi Harapkan Kampung KB Bukik Karan jadi Percontohan Nasional

<p>Mahyeldi Harapkan Kampung KB Bukik Karan jadi Percontohan Nasional<p>

VALORAnews - Kampung KB Bukit Karan diharapkan muncul jadi percontohan nasional dan salah satu lokus kunjungan pada Hari Keluarga Nasional 2020...

Gubernur Sampaikan Jawaban atas Ranperda Propem Perda

AI Mangindo Kayo | Jumat, 17-03-2017 | 16:49 WIB | 469 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Gubernur Sampaikan Jawaban atas Ranperda Propem Perda<p>

Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim dan wakil ketua serta Sekdaprov Sumbar, Ali Asmar, saat memimpin paripurna tentang dengan agenda mendengarkan jawaban gubernur terhadap Ranperda Propem Perda, Jumat (17/3/2017). (humas)

VALORAnews -- Ketua DPRD Sumatera Barat, Hendra Irwan Rahim menjelaskan, Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) penyusunan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propem Perda) diajukan pemerintah provinsi diharapkan dapat dukungan positif dari fraksi-fraksi di DPRD. Aturan tersebut dimaksudkan sebagai pedoman dalam penyusunan Propem Perda.

"Sesuai amanat UU No 23 Tahun 2014, penyusunan Perda dilakukan melalui Propem Perda sehingga Perda yang dihasilkan tersusun secara sistematis, terpadu dan terarah sesuai skala prioritas yang jelas," kata Hendra pada rapat paripurna dengan agenda mendengarkan jawaban gubernur terhadap Ranperda Propem Perda, Jumat (17/3/2017).

Menurutnya, dengan adanya Ranperda tentang Penyusunan Propem Perda, merupakan pedoman bagi pemerintah daerah dalam penyusunan Ranperda. Diakui, beberapa tahun terakhir banyak Ranperda yang masuk ke dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda), belum terealisasikan secara keseluruhan.


Terhadap Ranperda Propem Perda tersebut, Hendra menyatakan, pada prinsipnya fraksi-fraksi di DPRD memberikan dukungan yang sangat baik. Namun demikian, untuk penyempurnaan substansi dari Ranperda ada beberapa masukan dan saran dari fraksi-fraksi.

"Di antaranya perlu ada pasal yang mengatur tentang Ranperda yang berasal dari usulan inisiatif DPRD, dalam penyusunannya dibantu tim ahli DPRD yang bersifat ad-hoc," ujarnya.

Sementara, Sekdaprov Sumatera Barat, Ali Asmar yang membacakan jawaban gubernur terhadap pandangan umum fraksi-fraksi menyatakan, pemerintah provinsi akan menjadikan masukan dan saran DPRD sebagai pertimbangan untuk penyempurnaan.

"Dalam pembahasannya nanti, DPRD tentu akan mendalami dan mengkaji secara detail bersama tim dari pemerintah daerah. Saran dan masukan dari fraksi-fraksi akan menjadi pertimbangan demi penyempurnaan Perda tersebut," katanya.

Rapat paripurna itu beragendakan mendengarkan jawaban gubernur terhadap pandangan umum fraksi-fraksi terhadap tiga Ranperda. Pandangan umum Fraksi DPRD ini telah disampaikan pada rapat paripurna sebelumnya pada Kamis (16/3/2017).

Tiga Ranperda yang dibahas ini adalah Ranperda tentang Propem Perda, Ranperda Perubahan atas Perda No 1 Tahun 2016 tentang Retribusi Jasa Usaha dan Ranperda tentang perubahan Perda No 2 Tahun 2013 tentang Ketenagalistrikan. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Provinsi Sumatera Barat