MITRA VALORA NEWS

Kamis, 2017-08-17 00:16 WIB

Lagu Sinar Riau dengan Pupuik Sarunai Menggugah Hati Walikota Padang

<p>Lagu Sinar Riau dengan Pupuik Sarunai Menggugah Hati Walikota Padang<p>

VALORAnews -- Suasana hati Walikota Padang, H Mahyeldi Dt Marajo tergugah ketika melewati persimpangan jalan antara Permindo dengan jalan Ratulangi,...

Singgahi Kediaman Keluarga Akhmad Mukhtar

Irwan Telusuri Jejak Perjuangan Tuanku Imam Bonjol

AI Mangindo Kayo | Minggu, 02-04-2017 | 18:52 WIB | 456 klik | Kab. Pasaman
<p>Irwan Telusuri Jejak Perjuangan Tuanku Imam Bonjol<p>

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno berada di Tabek Gadang, salah satu lokasi yang dijadikan pusat perjuangan Tuanku Imam Bonjol melawan penjajah Belanda, usai aksi trabas bersama tim Sumbar I, Minggu (2/4/2017). (humas)

VALORAnews -- Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno bersama personel Trabas Sumbar 1 mengikuti gelaran Bonjo Trail Adventure 'Rambah Rute Gerilya Tuanku Imam Bonjol,' Minggu (2/4/2017). Selain itu, Irwan Prayitno bersama Bupati Pasaman Yusuf Lubis, Atos Pratama (Wabup Pasaman) dan rombongan lainnya, singgah di kediaman salah seorang tokoh asal Bonjol yang namanya diabadikan sebai rumah sakit di Bukittinggi, dr Akhmad Mukhtar.

"Penelusuran jejak perjuangan Perang Paderi di Bonjol, Pasaman ini kami lakukan, memperlihatkan betapa luar biasa strategi perjuangan yang diterapkan Pejuang Nasional ini. Medan gerilya yang sangat jitu untuk menghadapi penjajah Belanda masa itu," ungkap Irwan seputar kunjungannya itu.

Dikatakan Irwan, daerah yang dilaluinya bersama Tim Trabas Sumbar 1 ini, memiliki topografi berbukit dan jurang. Menyusuri jalur Napak Tilas Perjuangan Tuanku Imam Bonjol, dalam mengelorakan perjuangan bangsa Indonesia dari Ranah Bonjol, suatu kawasan di sekitar garis khatulistiwa di kecamatan Bonjol di Kabupaten Pasaman, menggambarkan betapa beratnya perjuangan Tuanku Imam Bonjol dan rakyatnya dalam mencapai kemerdekaan Indonesia.


"Dengan kunjungan ini pula kami berupaya melihat lebih dekat potensi alam dan ekonomi dari jalur yang kami lalui, untuk menyusun kerangka pembangunan ke depan," tukas Irwan.

Di puncak perjalanan, Irwan juga sampai di Tabek Gadang. Di lokasi ini lah, Tuanku Imam Bonjol mengajari murid-muridnya belajar silat, ilmu perang sekaligus ilmu agama. Lokasi ini jauh dari pantauan Belanda dan kaki tangannya.

"Selain dipakai sebagai basis mengajar, Tabek Gadang dimanfaatkan untuk sumber kehidupan Tuanku Imam Bonjol dan para pengikutnya," tukas Irwan. "Di masa kini, saya berharap madrasah, surau dan sasaran silek serta fasilitas lainnya, bisa juga multifungsi untuk penempaan generasi penerus bangsa sebagaimana dilakukan Imam Bonjol," harap Irwan.

Tokoh Medis

Selain itu, Irwan Prayitno didampingi Yusuf Lubis dan Atos Pratama serta Kepala Dinas Sosial Sumbar, H Abdul Gaffar, juga bersilaturrahim ke keluarga salah satu tokoh nasional asal Bonjol, dr Akhmad Mukhtar.

"Beliau berkiprah didunia kedokteran Indonesia sehingga namanya diabadikan pada rumah sakit di Bukittinggi yakni RS Akhmad Mukhtar," tukas Irwan. (rls/kyo)

Komentar

situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker