MITRA VALORA NEWS

Rabu, 2017-08-23 21:16 WIB

Muzni Zakaria Ajak Penggiat Wisata Promosikan Daerah di Media Sosial

<p>Muzni Zakaria Ajak Penggiat Wisata Promosikan Daerah di Media Sosial<p>

VALORAnews - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat mengajak duta wisata Uda dan Uni setempat bersama penggiat wisata dan awak media...

Lipsus Festival Langkisau 2017

Rido dan Anisa Terpilih jadi Uda & Uni Pessel 2017

AI Mangindo Kayo | Senin, 24-04-2017 | 23:40 WIB | 353 klik | Kab. Pesisir Selatan
<p>Rido dan Anisa Terpilih jadi Uda & Uni Pessel 2017<p>

Bupati Pessel, Hendrajoni bersama Lisda Rawdha (Ketua TP-PKK Pessel), foto bersama dengan Uda-Uni Pessel 2017, Muhammad Rido Gusti dan Puti Anisa pada malam penutupan Festival Langkisau, Minggu (23/4/2017) dinihari. (tusrisep/valoranews)

VALORAnews - Muhammad Rido Gusti dan Puti Anisa, terpilih sebagai Uda dan Uni Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat 2017. Keduanya pun berhak menyandang gelar Duta Wisata Pessel tahun ini.

Cowok asal Kecamatan Lengayang dan Cewek asal Kecamatan IV Jurai ini, terpilih pada Grand Final pemilihan Uda dan Uni Pessel yang dilaksanakan, Sabtu (22/4/2017) malam. Bertepatan juga dengan gelaran penutupan iven Festival Langkisau.

Mereka berhasil menyisihkan 24 finalis lain dari total 26 yang ikut, pada Sabtu malam kemarin.


"Uda dan Uni ini, resmi mengemban tugas sebagai pelopor atau agen dalam mempromosikan beragam destinasi wisata yang ada di negeri sejuta pesona ini, yakni Kabupaten Pesisir Selatan," kata Bupati Pessel, Hendrajoni didampingi Lisda Rawdha Hendrajoni (Ketua TP-PKK), Minggu (23/4/2017) dini hari saat penutupan Festival Langkisau 2017.

Selain itu, tambahnya, mereka juga diminta mampu menggerakkan ekonomi kreatif daerah, untuk Pesisir Selatan lebih maju ke depannya.

"Kita berharap, gelar yang diraih sepasang promotor wisata ini, bukan sekadar simbol atau batu loncatan saja. Tapi yang terpenting, Rido dan Puti harus mampu memperkenalkan keindahan serta keelokan pariwisata Pessel pada khalayak ramai, baik secara nasional maupun internasional. Targetnya jelas akan meningkatkan angka kunjungan wisawatan ke daerah ini," harap Hendrajoni.

Grand Final Pemilihan Uda & Uni Pessel 2017 tersebut, dimulai pukul 21.00 WIB Sabtu dan berakhir pada pukul 01.15 WIB Minggu dini hari.

Penutupan tadi, juga ikut dihadiri Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kementerian Pariwisata RI, Raseno Arya, Ketua dan anggota DPRD Pessel, seluruh unsur Forkompimda setempat, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pessel, Zefnihan sebagai Panitia Pelaksana, tamu-tamu istimewa dari Ikatan Uda-Uni se-Sumbar serta disaksikan langsung oleh ribuan masyarakat Pessel.

Selain Rido dan Puti, sejumlah Uda & Uni lain juga terpilih menyandang beragam prediket/gelar seperti Uda & Uni Berbakat jatuh kepada Rahmad Fauzi dan Amelia Putri.

Uda & Uni Lantas: Tegar dan Arca, Uda & Uni Lingkungan: Dimal dan Defni, Uda & Uni Ekonomi Kreatif: Ogi dan Patricia, Uda & Uni Favorit: Dimas dan Santi, dan lainnya.

Sementara itu, Muhammad Rido Gusti selaku Uda Pessel 2017 terpilih menyebut, langkah awal yang akan dilakukan (bersama Uni terpilih) ke depan adalah bekerjasama dengan Pemkab Pessel, khususnya Dinas Pariwisata.

"Program awal yang sudah saya rencanakan adalah memperbanyak pembentukan kelompok - kelompok sadar wisata di sejumlah Nagari di Pessel. Tujuannya, selain merangkul para pemuda-pemudi setempat untuk peduli wisata, juga untuk mendata lokasi-lokasi wisata lain yang belum terekspos (Indah tapi belum dikenal) di sini. Kelompok - kelompok ini pun akan dilatih supaya bisa memperkenalkan destinasi wisata yang ada di daerah masing-masing," terang Rido diamini Puti Anisa, Uni Pessel 2017.

Selain itu, sambungnya, tugas awal yang bakal difokuskan adalah mempromosikan lokasi-lokasi wisata di Kawasan Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan.

"Ini jelas, karena di sana (Kawasan Mandeh), beragam lokasi indah menyebar di beberapa pulau kecil. Salah satunya, ada sejarah Kapal Tenggelam, serta ada juga terumbu karang cantik yang masuk kategori terindah di Sumatera Barat," kata Rido.

Acara Grand Final Uda & Uni Pessel 2017 tadi, juga ikut dimeriahkan dengan penampilan apik dari "Mandeh Voice", yakni Group Vocal dikomandoi Lisda Rawdha Hendrajoni bersama ibu-ibu di Kabupaten Pessel lainnya.

Dengan membawakan sejumlah tembang dari album Sejuta Pesona, group vocal ini pun cukup menghibur penonton yang hadir digelaran Sabtu malam tersebut. (tsp)

Komentar

Berita Kab. Pesisir Selatan

situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker