MITRA VALORA NEWS

Rabu, 2017-12-13 15:32 WIB

OPD Pemko Padang Dilatih Jitu Pasna

<p>OPD Pemko Padang Dilatih Jitu Pasna<p>

VALORAnews - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, kerap kesulitan memetakan kebutuhan korban pascabencana. Kerap, membutuhkan...

Dony Oskaria Beri Reward Nagari Sadar Wisata di Pessel

AI Mangindo Kayo | Sabtu, 06-05-2017 | 12:56 WIB | 474 klik | Kab. Pesisir Selatan
<p>Dony Oskaria Beri Reward Nagari Sadar Wisata di Pessel<p>

Bupati Pessel, Hendra Joni didampingi istri, menyerahkan award dari CEO Trans Corp, Donny Oskaria pada pemenang kompetisi Nagari Sadar Wisata tingkat Pessel, Kamis (4/5/2017) malam. (humas)

VALORAnews - Penggiat sekaligus pebisnis Pariwisata, Dony Oskaria memberikan reward pada nagari berprestasi dalam bidang kepariwisataan dalam rangka Festival Bahari Mandeh. Reward dari CEO Trans Corp ini, diserahkan Bupati Pesisir Selatan, Hendra Joni pada pembukaan Festival Bahari Mandeh, Kamis (4/5/2017) malam.

"Ini bentuk stimulan, agar nagari-nagari di Pessel yang terkenal sebagai Negeri Sejuta Pesona, berkompetisi dalam membangun Nagari Sadar Wisata," ujar Dony Oskaria melalui pesan whatshapp, Jumat (5/5/2017).

Pemilihan nagari sadar wisata Pessel 2016 ini, dalam rangakaian Festival Bahari Mandeh. Jurinya Yunando, Zuhrizul dan Siti Fatimah. "Nagari Sungai Nyalo terbaik pertama, nomor dua terbaik Nagari Carocok Anau dan posisi terbaik ketiga, Nagari Setara Nanggalo," ujar Yunando.


Menurut dia, Sungai Nyalo memiliki passing grade penilain tertinggi. Mulai kesadaran masyarakat hingga pemahaman warga dalam menyambut tamu, telah cukup baik.

"Elemen masyarakat Nagari Sungai Nyalo sangat terbuka, hebatnya lagi warga di sana mau menerima pembinaan yang dilakukan para penggiat pariwisata," ungkap Yunando

Bahkan secara perlahan, warga terus berbenah menata kawasan wisata di daerahnya makin asri.

Sementara, Nagari Carocok Anau yang berada pada posisi terbaik kedua, karena mampu menjadi daerah transit. Sebab, dermaga ke sejumlah pulau di Pessel yang jadi objek wisata, berlokasi di nagari ini. "Mindset warga telah berubah drastis. Dulu melayani dengan kasar, kini sangat ramah minus pemalakan pada pengunjung," ujarnya.

Bahkan, meski kawasan transit banyak kendaraan tamu parkir, sampai sekarang tidak ada tamu melaporkan kehilangan kendaraan.

"Warga di Carocok Anau, bahu-membahu menjaga keamanan dan kenyamanan tamu yang transit di sana," ujar Yunando

Sedangkan Nagari Setara Nanggalo, jadi terbaik tiga karena menjadi nagari penunjang kawasan wisata Bahari Mandeh.

"Dulu dikenal sebagai nagari kumuh, karena berada di belakang Pasar Tarusan. Kondisi kekinian telah berubah drastis. Setara Nanggalo kini menjelma menjadi bersih dan asri," ungkap Yunando.

Selain itu, partisipasi masyarakatnya cukup tinggi, dengan membudidayakan tanaman jeruk manis. "Saat ini ada 20 hektar kebun jeruk manis di nagari itu. Sebentar lagi, Setara Nanggalo berubah menjadi nagari agro wisata," ujarnya.

Apa hadiah yang diberikan Dony Oskaria? baik Dony maupun dewan juri, tidak mau memberitahukan. "Hanya berupa reward untuk merangsang jiwa kompetitif setiap nagari di Pessel," ujar Yunando. (rls/kyo)

Komentar

Berita Ranah

Berita Kab. Pesisir Selatan