MITRA VALORA NEWS

Rabu, 2017-12-13 15:32 WIB

OPD Pemko Padang Dilatih Jitu Pasna

<p>OPD Pemko Padang Dilatih Jitu Pasna<p>

VALORAnews - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, kerap kesulitan memetakan kebutuhan korban pascabencana. Kerap, membutuhkan...

PDI Perjuangan Buka Pendaftaran Calon Pilkada Usai Lebaran

AI Mangindo Kayo | Selasa, 30-05-2017 | 14:46 WIB | 250 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>PDI Perjuangan Buka Pendaftaran Calon Pilkada Usai Lebaran<p>

Ketua DPD PDI Perjuangan Sumbar, Alex Indra Lukman. (istimewa)

VALORAnews - PDI Perjuangan akan membuka pendaftaran penjaringan bakal calon kepala daerah pada pemilihan serentak 2018, usai lebaran 1438 H/2017 M. Di Sumbar, pemilihan kepala daerah ini akan digelar di Kota Sawahlunto, Padangpanjang, Pariaman dan Padang.

"Pengurus DPC di keempat daerah itu, tengah merampungkan pembentukan panitia penjaringan. Begitu panitia terbentuk, kita langsung bergerak membuka pendaftaran," ungkap Ketua DPD PDI Perjuangan Sumbar, Alex Indra Lukman, Selasa (30/5/2017).

Di keempat daerah itu, PDI Perjuangan mesti berkoalisi untuk memenuhi syarat perolehan kursi sebesar 20 persen, yang jadi prasyarat bisa mengusung pasangan calon sendiri. "Pembicaraan dengan sejumlah pimpinan partai calon mitra koalisi, sudah dilakukan," ungkap Alex yang duduk di Komisi V DPR RI.


Hasil pemilu 2014 kemarin, PDI Perjuangan Kota Pariaman meraih 1 kursi dari 20 kursi di parlemen. Hal serupa juga diraih di Kota Padangpanjang, 1 kursi dari 20 kursi DPRD.

Sementara, di Kota Sawahlunto meraih 2 kursi dari 20 orang wakil rakyat di kota arang itu. Kemudian, di Kota Padang meraih 3 kursi dari 45 kursi di parlemen.

Pemilihan serentak 2018 ini, akan dilaksanakan di 171 daerah, dimana 17 di antaranya melakukan pemilihan gubernur dan wakil gubernur. Untuk Sumbar, menyisakan empat daerah lagi yang akan melaksanakan pencoblosan pada 27 Juni 2018 yakni Kota Sawahlunto, Padangpanjang, Pariaman dan Padang.

"Kita membuka pintu seluas-luasnya. Apakah dia kader maupun non kader, silahkan mengambil formulir ke panitia penjaringan. Kita akan pilih figur yang akan diusung ke arena pilkada, secara fair," ungkap Alex.

"Setiap figur yang diusung PDI Perjuangan, akan menjalani proses sekolah partai dulu. Ini sudah ketentuan dari DPP," tambah Alex. (kyo)

Komentar

Berita Ranah

Berita Provinsi Sumatera Barat