MITRA VALORA NEWS

Kamis, 2017-10-19 00:42 WIB

Empat Daerah Terindikasi Lakukan Pelanggaran, Irwan: Kita Layangkan Teguran

<p>Empat Daerah Terindikasi Lakukan Pelanggaran, Irwan: Kita Layangkan Teguran<p>

VALORAnews -- Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan, akan menindaklanjuti paparan Asisten Komisioner Bidang Pengaduan dan Penyelidikan Komisi...

66 Tahun SMP Painan: Alumni Siap Bantu Pendidikan Siswa Kurang Mampu

AI Mangindo Kayo | Kamis, 08-06-2017 | 22:01 WIB | 350 klik | Kab. Pesisir Selatan
<p>66 Tahun SMP Painan: Alumni Siap Bantu Pendidikan Siswa Kurang Mampu<p>

Ilustrasi.

VALORAnews - SMP Negeri 1 Painan menjadwalkan gelaran reuni akbar alumni seluruh angkatannya (sekitar 63 angkatan/ 1953 - 2016), pada 28 Juni 2017 di Gedung SMP Negeri 1 Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat.

Acara temu akbar lintas alumni ini, sekaligus memperingati 66 tahun berdirinya SMP Painan, yang tergolong sekolah tertua di Pessel.

"Kita jadwalkan acaranya dimulai sekitar pukul 13:00 WIB," kata M Adli, Ketua Panpel Reuni Akbar SMP Negeri 1 Painan periode 1953-2016, di Painan.


Selain bertujuan mempererat tali silaturahim antarlintas alumni dan para guru, juga ikut peduli akan perkembangan kemajuan sekolah dan siswa khususnya.

"Intinya, kita (alumni akbar SMP 1 Painan) siap membantu biaya pendidikan siswa kurang mampu yang berprestasi," ucap M Adli, diamini Sugeng Herianto (Sekretaris Panpel Reuni Akbar SMP Painan), dan Tusrisep (Koordinator Bid Humas).

Beragam kegiatan pun sudah disiapkan untuk mengisi agenda bertema "Marakek Jo Babagi Raso" tersebut, mulai dari bakti sosial, pembentukan wadah resmi Ikatan Alumni SMP Negeri 1 Painan, dan lainnya.

Untuk informasi lebih jelasnya, silahkan datang ke Sekretariat Reuni Akbar, Gedung SMPN 1 Painan, Jalan Ilyas Yakub Painan Utara, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan.

Bisa juga via grup Facebook: Reuni Akbar 2017 SMP Neg 1 Painan, grup WhatsApps: Reuni Akbar SMPN 1 Painan atau Contact Person: Kencana Suryati : 081267014065, Harry Yulianda : 085356424121, Andreas Aditya : 085221777494, dan Arnanda Dwi Putri : 081267095733.

SMP Negeri 1 Painan merupakan salah satu sekolah tertua di Kabupaten Pessel. SMP ini didirikan sebelum tahun 1945. Pada tahun sebelum 1945 atau pada zaman Belanda, SMP Negeri 1 Painan bernama Meses School yaitu Sekolah Kepandaian Putri yang disingkat (SKP).

Sekolah Kepandaian Putri ini, para siswa diajarkan cara memasak, menjahit dan pekerjaan rumah tangga lainnya, yang berhubungan dengan keputrian.

Sedangkan untuk para laki-laki diberi nama Gapernomen. Pada umumnya siswa-siswanya berasal dari Kabupaten Pessel. Para siswa lebih banyak orang-orang yang mempunyai keturunan raja-raja atau normal school disebut sekolah raja-raja.

Setelah tamat dari Meses School ini, mereka melanjutkan sekolah ke Padang dan ke Padangpanjang. Setelah Indonesia merdeka pada 1945, sekolah ini diberi nama SMP Negeri Painan, Kepala sekolahnya yang pada saat itu bernama Angku Abdul Muluk dan salah satu gurunya bernama Uni Radiah.

Pada saat itu, sebutan nama untuk kepala sekolah yaitu Angku, sedangkan untuk wanita adalah Uni. Barulah pada tahun 1951 SK. Pendirian sekolah SMP Negeri Painan resmi dikeluarkan oleh Pemerintah kala itu.

SMP Negeri 1 Painan pada tahun 2004 sampai 2009 pernah merupakan SSN ( Sekolah Standar Nasional) dan sekolah RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) dari tahun 2009 - 2011.

SMP N 1 Painan telah melahirkan berbagai prestasi di bidang akademik dan non akademik. Pada tahun 2008 SMP Negeri 1 Painan mewakili Indonesia sebagai Duta Seni dalam kegiatan Matta Travel di Malaysia.

Sejak tahun 2014 sampai sekarang SMP Negeri 1 Painan sedang menjalani sekolah SBSNP (Sekolah Berbasis Standar Nasional Pendidikan).

Bila dihitung semenjak SK. Pendirian tahun 1951 maka tamatan pertamanya adalah di tahun 1953, artinya terdapat 63 Angkatan/ Tamatan yang tercatat hingga saat ini. Sungguh hal tersebut sebuah potensi luar biasa yang dimiliki oleh sekolah.

SMP Negeri 1 Painan telah banyak melahirkan insan-insan cendikia yang intelektual dan pemimpin-pemimpin daerah serta pejabat-pejabat tinggi yang telah menyebar di seluruh Indonesia.

Alumnusnya kini tersebar se nusantara bahkan manca negara, dengan berbagai profesi dan jabatan strategis yang dipegang oleh para alumni.

Sejumlah nama-nama yang termasuk alumni di antaranya: H. Darizal Basir (anggota DPR RI), Rusma Yul Anwar (Wakil Bupati Pessel), Novrial Anas (Pengusaha), Jefri Nedi (Pengusaha), Sugeng Herianto (Pengusaha).

Kemudian, H. Saidal Masfiudin (Anggota DPRD Sumbar), Welly Hendra (Anggota DPRD Pessel), Efrianto (Anggota DPRD Pessel), Syafril Saputra (Anggota DPRD Pessel) dan lainnya. (rls)

Komentar

Berita Kab. Pesisir Selatan

situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker