MITRA VALORA NEWS

Rabu, 2017-12-13 15:32 WIB

OPD Pemko Padang Dilatih Jitu Pasna

<p>OPD Pemko Padang Dilatih Jitu Pasna<p>

VALORAnews - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, kerap kesulitan memetakan kebutuhan korban pascabencana. Kerap, membutuhkan...

Ayo Sempurnakan Puasa Ramadhan dengan I'tikaf

AI Mangindo Kayo | Senin, 19-06-2017 | 15:49 WIB | 230 klik | Kota Padang
<p>Ayo Sempurnakan Puasa Ramadhan dengan I'tikaf<p>

Wako Padang, Mahyeldi Dt Marajo membuka Sosialisasi Empat Pilar MPR-RI oleh anggota DPR RI, Hermanto, di Aula Baznas Kota Padang, Minggu (18/6/2017). (humas)

VALORAnews - Walikota Padang, H. Mahyeldi Dt Marajo menyebut, bulan puasa merupakan bulan penuh berkah. Sehingga, Ramadhan dijadikan bulan syahrul jihad bagi umat muslim.

"Puasa tak membuat Islam lemah," ujarnya saat membuka Sosialisasi Empat Pilar MPR-RI oleh anggota DPR RI, Hermanto, di Aula Baznas Kota Padang, Minggu (18/6/2017).

Dikatakan, di saat bulan puasa, umat Islam justru memiliki semangat jihad luar biasa. Umat yang memiliki semangat seperti ini akan mendapatkan takwa dan ampunan dari Allah SWT.


Mahyeldi mencontohkan semangat syahrul jihad dan kekuatan umat Islam pada masa perjuangan lalu. Proklamasi dibacakan saat bulan puasa.

"Perlu dicatat, Proklamasi dibacakan saat bulan puasa. Ini menunjukkan bahwa umat Islam tidak lemah pada bulan puasa," tegasnya.

Sisi lain, Mahyeldi mengatakan, i'tikaf di masjid dan mushala merupakan bentuk untuk menggapai Ramadhan dengan semangat jihad. Selain itu, dengan Pesantren Ramadhan akan mendidik dan membina anak kepada kebaikan.

"Hal itu juga merupakan semangat jihad di bulan puasa," tambahnya.

Mahyeldi juga mengimbau kepada seluruh warganya untuk beri'tikaf di masjid dan mushala. Dengan i'itikaf di masjid dan mushala, akan diraih kesempurnaan Ramadhan.

"Kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat di Kota Padang, mari kita sempurnakan Ramadhan 1438 H ini dengan melaksanakan i'tikaf di masjid dan mushala," ajaknya.

Sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk berdiam diri di masjid. Seperti berzikir, mengaji, shalat dan lainnya dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Hal ini sering dilakukan Nabi Muhammad SAW pada bulan Ramadhan. Sehingga Ramadhan menjadi sempurna.

"Semoga lailatul qadar dapat kita peroleh serta derajat taqwa untuk Ramadhan 1438 H ini jadi milik kita semua," tukuk Mahyeldi. (rls/vri)

Komentar