MITRA VALORA NEWS

Kamis, 2018-11-15 19:13 WIB

Walikota Padang Sambut PPHI Bersinergi Bangun Pariwisata Halal

<p>Walikota Padang Sambut PPHI Bersinergi Bangun Pariwisata Halal<p>

VALORAnews -- Wali Kota Padang, H Mahyeldi menyambut positif keberadaan Persatuan Pariwisata Halal Indonesia (PPHI) Sumatera Barat. Hal itu...

Irfendi Pimpin Upacara Peringatan HANI

65 Zat Psikoaktif Ditemukan UNDOC di Indonesia

AI Mangindo Kayo | Selasa, 01-08-2017 | 10:59 WIB | 316 klik | Kab. Lima Puluh Kota
<p>65 Zat Psikoaktif Ditemukan UNDOC di Indonesia<p>

Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi didampingi Ferizal Ridwan (Wabup) menyerahkan penghargaan pada penggiat koperasi yang mendapatkan PIN Bakti Koperasi dari Menkop UKM RI, Senin (31/7/2017). (humas)

VALORAnews - Dalam rangka memperingati Hari Anti Narkoba Internasiaonal (HANI) dan Hari Koperasi ke-70 Tahun 2017, Pemkab Limapuluh Kota menggelar upacara bersama di halaman kantor bupati di Bukik Limau, Sarilamak, Senin (31/7/2017).

Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi bertindak sebagai Inspektur upacara dalam sambutannya membacakan sambutan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto. Dia mengatakan, kejahatan Narkotika sebagai kejahatan luar biasa, terorganisir dan bersifat lintas negara telah berkembang dengan modus operandi yang semaki n maju.

"Kita telah mendeteksi perkembangan trend yang sangat mengkawatirkan, dimana kejahatan narkotika global dewasa ini tidak hanya bermotif bisnis ilegal demi semata keuntungan ekonomi. Setiap tahun ribuan orang dari seluruh dunia dijebak dengan narkotika dan terjerumus dalam belenggu kejahatan perdagaan orang," ujarnya.


Menurutnya, narkotika dapat digunakan sebagai salah satu senjata dalam melumpuhkan kekuatan sebuah bangsa. Sehingga tidak ada kata lain, kejahatan Narkotika yang sangat berbahaya yang dapat melemahkan sendi-sendi kehidupan berbangsa itu harus dibrantas dan ditangani.

"Pemerintah sangat serius memnagani masalah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.presiden telah menyatakan Indonesia Darurat Narkoba dan menyerukan perang terhadap narkoba," tambahnya.

Dijelaskan, UNDOC mengatakan telah ditemukan 644 zat baru bersifat psikoaktif, di Indonesia yang terindentifikasi berjumlah 65 zat. untuk itu, dalam mengatasi dampak negatif terhadap masifnya gempuran zat-zat psikoaktif baru, perlu dioptimalkan peran masyarakat melalui pemberdayaan kelauarga Indonesia, sebagai benteng pencegahan terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

"Pencegahan merupakan langkah yang efektif untuk membangun kesadaran setiap individu. Perlu dilaksanakan upaya pencegahan yang dilakukan secara masif, berkesinambungan dan bersinergi di setiap lingkungan tempat tinggal," jelasnya.

Langkah-langkah yang mesti dilakukan yakni, melakukan pencegahan mulai dari lingkungan keluarga, masyarakat melaporkan kepada aparat hukum apabila mengethaun bentuk penyalahgunaan narkoba, melaporkan keluarga yang menjadi pecandu untuk dilakukan rehablitasi, meminta agar unsur pemerintahan memberikan perhatian memiskinkan bandar narkoba.

Selanjutnya, melakukan tindakan yang tegas kepada hukum yang terbukti melindungi bandar narkoba, dan melakukan pengutan pencegahan kepada seluruh lapisan masyarakat. "Semoga pada puncak peringatan HANI 2017 bisa kita jadikan momentum melakukan aksi bersama membebaskan bansa dari penyalugunaan dan peredaran narkotika," pungkasnya.

Usai menggelar upacara peringatan HANI, Irfendi Arbi juga memberikan penghargan dan bantuan bagi koperasi dalam memperingati Hari Koperasi ke-70 tahun 2017. Penghargaan itu ditandai dengan penyerahan PIN penghargaan Bakti Koperasi dari Menteri Koperasi dan UKM RI kepada Ketua Koperasi Unit Desa (KUD) Tangai Raya, Ifrizon.

Memberikan penghargaan kepada koperasi berprestasi tingkat kabupaten, di antaranya, KUD Tangai Raya, kenagarian Lubuak Alai, Kecamatan Kapur IX, sebagi KUD berprestasi satu, KPRI Bhakti Husada, kecamatan Payakukumbuh, berestasi Dua, dan KSU Berkat, Kenagarian Pilubang, Kecamatan Harau, sebagai KSu berprestasi Tiga.

Penghargaan kepada Koperasi pengelola KSP/USP terbaik tingkat kabupaten, di antaranya, KSU Tani Murni, Kenagarian Limbanang, Kecamatan Suliki, sebagi koperasi terbaik satu, KPRI Bhakti Husada dan KPRI Handayani, kecamatan Payakumbuh sebagai koperasi terbaik dua dan tiga.

Penghargaan untuk koperasi tercepat melaksanakan rapat anggota tahunan tahun buku 2016, diberikan kepada KSU Zam Zam, Primakopabri dan KSU Berkat.

Selain memberikan penghargaan pemerintah kabupaten Limapuluh Kota juga memberika bantuan sembako dari gerakan koperasi kepada masyarakat kuran mampu, penyerahan hak cipta untuk UKM dari Kementrian Koperasi dan UKM RI kepada Bordir Rini dengan judul motif bunga melati timbul yang beralamat di Nagari Limabangan Kecamatan Suliki.

Penyerahan sertifikat halal bagi UKM dari MUI Pusat kepada UKM Rakik Tiga Putri dan Kacang Balado Ci Vivi. Penyerahan koperasi penerima hibah bantuan komputer, kepada koperasi Semangat baru, KSU Tani Murni, KPRI Bina Usaha, KPN Kopliko dan KSU Berkat.

Terakhir, penyerahan piagam penghargaan sebagai walinagari terbaik dalam melaksanakan penyusunan dan penyampaian anggaran pendapatan dan belanja nagari selama dua tahun berturut-turut kepada walinagari Simpang Sugiran. (rls/kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Ranah

Berita Kab. Lima Puluh Kota