MITRA VALORA NEWS

Jumat, 2017-12-15 19:32 WIB

Porsi Dana Desa Makin Besar, Abdul Rahman: Ayo Tingkatkan Daya Saing

<p>Porsi Dana Desa Makin Besar, Abdul Rahman: Ayo Tingkatkan Daya Saing<p>

VALORAnews - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, meminta kepada Pemerintah Nagari harus berinovasi kelola dana desa agar lebih maju dan memiliki daya...

Solsel Fokus Kembangkan SRG dan GBK

AI Mangindo Kayo | Selasa, 08-08-2017 | 13:54 WIB | 408 klik | Kab. Solok Selatan
<p>Solsel Fokus Kembangkan SRG dan GBK<p>

Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria.

VALORAnews - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, fokuskan pengembangan destinasi wisata kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) dan Goa Batu Kapal (GBK). Hal ini, dilandasi dua destinasi tersebut masuk dalam deretan destinasi wisata ditingkat nasional.

Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria mengatakan, saat ini Pemkab Solok Selatan memfokuskan pengembangan destinasi wisata SRG dan GBK. Pengembangan ini, dimulai dari infrastruktur dan pengembangan sumber daya manusia untuk pengelolaan destinasi wisata itu.

"Pengembangan pada infrastruktur yakni, melengkapai sarana dan prasarana pendukung pada destinasi wisata. Kemudian, untuk pengembangan sumber daya manusia melalui pembekalan," katanya.


Menurutnya, sebagai objek wisata yang telah masuk dalam deretan wisata budaya nasional, kawasan SRG tentu butuh penanganan yang ekstra. Baik dalam sarana dan prasarana pendukung, maupun tata kelola destinasi itu sendiri.

"Hal ini tercermin dengan masuknya kawasan SRG sebagai salah satu nominasi Anugrah Pesona Indonesia (API). Kemudian, untuk GBK sendiri juga menjadi salah satu warisan Geo Park di Sumatera Barat ini," katanya.

Berdasarkan dari hal itulah, lanjut Muzni, Pemkab Solok Selatan saat ini tengah memfokuskan pengembangan dua destinasi tersebut. Apalagi, dua destinasi itu telah menjadi ikon wisata Kabupaten Solok Selatan.

"Namun, bukan berarti Pemkab Solok Selatan tidak memperhatikan destinasi wisata yang lain. Untuk destinasi wisata yang lain tetap mendapatkan perhatian dari Pemkab Solok Selatan sesuai porsinya," kata dia.

Selain dua destinasi ini, ada beberapa destinasi yang tengah dikembangkan seperti, pembukaan jalur pendakian kerinci, pemandian Hot Water Boom, Air terjun Kembar, Puncak BRJ dan lainnya. (dky)

Komentar