MITRA VALORA NEWS

Sabtu, 2017-12-16 18:53 WIB

Gubernur Sumbar Luncurkan Gerakan NES

<p>Gubernur Sumbar Luncurkan Gerakan NES<p>

VALORAnews -- Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menghadiri peluncuran Pengembangan Kawasan Inklusi Keuangan Terpadu melalui Gerakan Nagari Elok...

Jamaah Sholat Ied Dijamu Hendri Arnis dengan Jajanan Kaki Lima

AI Mangindo Kayo | Jumat, 01-09-2017 | 14:14 WIB | 196 klik | Kota Padang Panjang

VALORAnews - Masyarakat Padangpanjang yang menunaikan Sholat Idul Adha 1438 Hijriah di Lapangan Khatib Soelaiman, Jumat (1/9/2017) pagi, dijamu Walikota Padangpanjang, Hendri Arnis dengan menyediakan 46 gerobak makanan untuk berbuka puasa, usai Sholat Ied.

Selain gerobak makanan yang disediakan Hendri Arnis, unsur Forkopimda bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga ikut berpartisipasi menyediakan menu berbuka puasa bagi ribuan masyarakat Padangpanjang, Batipuah dan X Koto (Pabasko).

Menurut Kepala Bagian Protokoler dan Dokumentasi Setdako Padangpanjang, Budhi Hermawan, untuk pelaksanaan Sholat ied di Lapangan Khatib Soelaiman atau yang biasa disebut Lapangan Bancah Laweh tersebut, seluruh persiapan sudah lengkap.


"Bertindak sebagai Khatib, Prof Sirajudin Zar dari Pondok Pesantren Perguruan Thawalib Putra Padangpanjang, dengan imam H Indra Legiono dari Pondok Pesantren Perguruan Diniyyah Putri Padangpanjang," katanya.

Selain itu, usai pelaksanaan Sholat Ied, seluruh jamaah sholat Ied akan dijamu dengan beraneka jenis makanan yang disediakan melalui 46 gerobak dan tenda makanan yang dijejer di sekitar lokasi pelaksanaan sholat Ied di lapangan Bancah Laweh.

"Makanan tersebut memang sengaja disediakan wali kota bersama unsur Forkopimda dan OPD bagi seluruh masyarakat. Jenis-jenis makanan tersebut terdiri dari Sate, Katupek, Soto, Kacang Hijau, aneka jenis gorengan, es buah, cendol dan aneka minuman lainnya," sebut Budhi Hermawan.

Sementara, Kabag Kesra Setdako Pemko Padangpanjang, Eri Katik Majo Endah menyampaikan, jika hari hujan dan pelaksanaan sholat Id di Lapangan Khatib Soelaiman tidak memungkinkan, Pemerintah juga menyiapkan masjid-masjid sebagai lokasi pelaksanaan sholat Id.

Di antaranya, pelaksanaan sholat Id yang sudah disebarkan, masjid-masjid yang dipersiapkan tersebut diantaranya masjid Jihad Balaibalai, masjid Jihadu Walidaina Bukiksurungan, Mesjid Zu'ama Jembatan Besi Pasar Usang, masjid Ilham Koto Panjang, masjid Tauhid dan masjid Ashliyah Pasar Usang.

Katik Eri juga mengimbau masyarakat, agar bersama-sama mengagungkan Asma Allah SWT sepanjang perjalanan menuju tempat Sholat, membawa sajadah untuk sholat di lapangan dan meluruskan syaf sesuai dengan tertib sholat berjamaah.

"Diharapkan kepada seluruh masyarakat, untuk mengikuti takbiran dimesjid dan Musholla tempat domisili masing-masing sebelum pelaksanaan sholat Id dan bersama-sama mengagungkan Asma Allah SWT sepanjang perjalanan menuju tempat sholat, membawa sajadah untuk sholat dilapangan dan meluruskan syaf sesuai dengan tertib sholat berjamaah," ajak Katik Eri. (rls/bri)

Komentar

Berita Kota Padang Panjang