MITRA VALORA NEWS

Selasa, 2018-08-21 17:04 WIB

Pemilih Emak-emak Kuasai DPT Pemilu 2019 di Pessel

<p>Pemilih Emak-emak Kuasai DPT Pemilu 2019 di Pessel<p>

VALORAnews - Pemilih perempuan atau pemilih emak-emak mendominasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), untuk pemilu 2019...

Tim TVKI Sumbar Kunjungi Limapuluh Kota dan Dharmasraya

AI Mangindo Kayo | Senin, 30-10-2017 | 17:22 WIB | 272 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Tim TVKI Sumbar Kunjungi Limapuluh Kota dan Dharmasraya<p>

Tim Visitasi KI Sumbar, melakukan uji faktual dalam rangka penilaian akhir pemeringkatan badan publik terbaik 2017 di Pemkab Limapuluh Kota, Senin (30/10/2017). (ppid-kisb)

VALORAnews - Sekda Kabupaten Limapuluh Kota, M Yunus dihadapan Tim Visitasi Komisi Informasi (TVKI) Sumbar, pastikan daerahnya komit menjalankan UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

"Kami berkomitmen menjalankan perintah UU KIP, bahkan bagi jajaran di Pemkab keterbukaan informasi harus diterapkan tidak ada alasan lain," ujar M Yunus didampingi Joni Amir (Kabag Humas/PPID Utama Pemkab Limapuluh Kota), Senin (30/10/2017).

TVKI Sumbar mengunjungi Limapuluh Kota, terkait penilaian badan publik terbaik tahun 2017 dalam menjalankan UU 14/2008 dan Peraturan Komisi Informasi No 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik.


"Visitasi adalah penilaian tahap akhir dari pemeringkatan badan publik, sebagai uji faktual terkait penilaian kuisioner dan website resmi badan publik," ujar Koordinator TVKI yang juga Wakil Ketua KI Sumbar, Arfitiriati.

Arfitriati didampingi komisioner Adrian Tuswandi dan Sekretaris KI Sumbar Hidayat bersama dua staf Tiwi Utami dan Hendri mengatakan, untuk penilaian visitasi ini dilakukan pada badan publik masuk nominasi.

"Visitasi sudah dilakukan sejak Kamis kemarin. Hari ini ada dua TVKI turun. Satu TVKI lagi dikoordinir Sondri, melakukan uji faktual ke Dharmasraya," ujar Arfitriati.

Nagari Dharmasraya Tebanyak Masuk Nominasi

Terkait badan publik nagari, dari 31 nagari yang ikut se Sumbar, nagari dari Kabupaten Dharmasraya terbanyak jadi nominator.

"Ada empat nagari di Dharmaraya yang lolos nominasi badan publik terbaik 2017, sedangkan Limapuluh Kota dua nagari masuk nominasi, selebihnya satu nagari yakni Padangpariaman, Tanahdatar dan Sijunjung," ungkap Tiwi Utami.

Apakah nagari tertransparansi 2017 penilaian KI Sumbar akan kembali ke Dharmasraya pada 2016 diraih Nagari Sungai Duo, menurut Tiwi, masih belum tentu.

"Penentuannya divisitasi saat ini. Karena, sistem penilaian terlihat persaingan yang sangat ketat," ujar Tiwi. (rls/vri)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Ranah

Berita Provinsi Sumatera Barat