MITRA VALORA NEWS

Sabtu, 2017-12-16 18:53 WIB

Gubernur Sumbar Luncurkan Gerakan NES

<p>Gubernur Sumbar Luncurkan Gerakan NES<p>

VALORAnews -- Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menghadiri peluncuran Pengembangan Kawasan Inklusi Keuangan Terpadu melalui Gerakan Nagari Elok...

KONI Sijunjung Pelajari Tatakelola Porkab ke Solsel

AI Mangindo Kayo | Minggu, 05-11-2017 | 20:23 WIB | 107 klik | Kab. Solok Selatan
<p>KONI Sijunjung Pelajari Tatakelola Porkab ke Solsel<p>

Ketua Umum KONI Solok Selatan, Mario Syahjohan bersama Ketua Umum KONI Sijunjung, Sasmi Ultriadi saat pembahasan pelaksanaan Porkab yang telah diterapkan di Solok Selatan. (humas)

VALORAnews - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Solok Selatan (Solsel) menjadi acuan bagi beberapa KONI di Sumatra Barat (Sumbar). Pasalnya, KONI Solsel satu-satunya dari 19 kabupaten/kota yang rutin gelar Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) tiap tahunnya sejak 2014- 2017 ini.

Sabtu (4/11/2017) sekitar pukul 21.00 WIB, Ketua Umum (Ketum) KONI Sijunjung, Sasmi Ultriadi bertandang ke Solsel guna membahas langkah yang bakal dilakukan KONI Sijunjung terkait persiapan PORKAB untuk pertama kalinya dimasa kepemimpinannya.

"Betul, kita baru saja menerima kunjungan KONI Sijunjung. Hal ini sekaitan dengan studi banding ke KONI Solsel mengenai persiapan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban Porkab," kata Ketum KONI Solsel, Mario Syahjohan pada awak media.


Mario menyebutkan, kunjungan tersebut tidak terlalu formal sebab sembari 'ngobrol' santai dan menikmati secangkir kopi di warung. "Istilahnya, obrolan santai tapi serius," ucap Mario.

Mario menambahkan, Solsel satu-satunya daerah yang rutin tiap tahun menggelar Porkab. Selain itu, para juara di masing cabor akan dikirim untuk tingkat provinsi Sumbar.

"Sehingga, ada kabupaten lain di Sumbar yang belajar ke KONI Solsel. Keberhasilan itu tak terlepas dari peran dan dukungan Pemkab Solsel serta kekompakan tiap Koordinator Olahraga Kecamatan," katanya.

Ia menambahkan, perhelatan Porkab tiap tahun digilir di setiap kecamatan sebagai tuan rumah penyelenggara. Tahun 2014 di Sangir, 2015 di Sungai Pagu, 2016 di Kecamatan Sangir Jujuan. "Untuk Porkab 2017 di KPGD," lanjutnya.

Bahkan sebelumnya, Mario menjelaskan, berkat keberhasilan KONI Solsel menghelat PORKAB tiap tahun, KONI Kabupaten Mentawai ingin menerapkan pula program serupa di bumi Sikerei tersebut. Berkat program yang Mario gagas dengan lembaga legislatif setempat dengan menggunakan dana aspirasi anggota dewan untuk olahraga.

Menjadikan KONI Kabupaten Solok mendatangi KONI Solsel untuk membuat program serupa di daerah mereka.

Mario menargetkan, KONI Solsel sebagai tuan rumah dalam ajang Porprov pada 2022 dan sebagai tuan rumah cabang silat dalam iven Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. (rls)

Komentar