MITRA VALORA NEWS

Sabtu, 2017-12-16 18:53 WIB

Gubernur Sumbar Luncurkan Gerakan NES

<p>Gubernur Sumbar Luncurkan Gerakan NES<p>

VALORAnews -- Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menghadiri peluncuran Pengembangan Kawasan Inklusi Keuangan Terpadu melalui Gerakan Nagari Elok...

Penyandang Disablitas Dibantu Pemkab Limapuluh Kota

AI Mangindo Kayo | Selasa, 07-11-2017 | 20:18 WIB | 64 klik | Kab. Lima Puluh Kota
<p>Penyandang Disablitas Dibantu Pemkab Limapuluh Kota<p>

Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi foto bersama dengan penerima bantuan dari Dinas Sosial bagi penyandang disabilitas, di kenagarian Sungai Kumayang, Kecamatan Luak, Selasa (7/11/2017). (humas)

VALORAnews - Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi menyalurkan bantuan bagi masyarakat penyandang disablitas (cacat fisik), di kenagarian Sungai Kumayang, Kecamatan Luak, Selasa (7/11/2017). Bantuan dari Dinas Sosial itu berupa, 9 unit kursi roda, tongkat ketiak dan tongkat bagi penyandang tuna netra.

"Semoga dengan adanya bantuan yang diberikan, dapat meringankan beban saudara kita yang terkena musibah. Bantuan yang disalurkan ini, merupakan bentuk perhatian pemerintah daerah kepada masyarakat," ujar Irfendi Arbi.

Sebelum menyerahkan alat bantu kepada penyandang disabilitas, Irfendi berharap agar alat yang diberikan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik. "Semoga bantuan yang diberikan ini dapat bermanfaat untuk menunjang peningakatan fungsi fisik dan sosial serta mengurangi ketergantungan penyandang disabilitas kepada orang lain," tambahnya.


Dikatakan, pemberdayaan sosial bagi penyandang disablitas merupakan satu program yang menjadi fokus pemerintah daerah, sebab penyandang disabilitas sangat memerlukan perhatian pemerintah daerah.

"Untuk itu, kepada perangkat nagari, dinas terkait dan lapisan masyarakat harus lebih pro aktif mendata masyarakat penerima bantuan. Sehingga, jika ada saudara kita yang memerlukannya, bisa segera disalurkan," sebut dia.

Dikatakan, kepedulian sosial dari masyarakat perlu digalakan di tengah masyarakat, karena saat ini apatisme di tengah masyarakat sudah semakin terasa. Dia juga mengharapkan penyandang disabilitas harus tetap semangat dalam menjalani hidup. "Saya apresiasi kepada Dinas Sosial, atas program yang dibuat dalam membantu masyarakat, semoga program ini dapat terus berlanjut," pungkasnya.

Sementara, Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial, Akmal mengatakan, bantuan ini diberikan kepada 30 orang penyandang disablitas yang ada di kenagarian Sungai Kumuyang.

"Alat bantu yang diberikan ini merupakan sarana penunjang bagi penyandang disabilitas dalam melaksanakan fungsi sosialnya. Mudah-mudahan, bantuan ini dapat meringankan beban saudara kita, ini salah satu upaya Dinas Sosial dalam mengakses sumber dana yang dapat menyalurkan bantuannya kepada para penyandang disabilitas," ujarnya.

Sharial, warga Simbaladuang, Kenagarian Sungai Kumayang yang mendapatkan bantuan akibat cacat kaki selama 13 tahun lalu, mengucapkan terimakasih atas bentuan yang diberikan pemerintah daerah kepadanya.

"Alhamdulillah, kami mendapatkan bantuan dari pemerintah, bantuan yang diberikan tentunya sangat bermanfaat bagi kami. Mudah-mudah bantuan yang diberikan mendapatkan ganjaran disisinya kelak," ujarnya di dampingi Wandi dan Lia. (rls/kyo)

Komentar

Berita Kab. Lima Puluh Kota