MITRA VALORA NEWS

Minggu, 2017-12-17 17:15 WIB

Kemendagri Diminta Seragamkan Lembaga Teknis Daerah Kesbangpol

<p>Kemendagri Diminta Seragamkan Lembaga Teknis Daerah Kesbangpol<p>

VALORAnews - Rapat Koordinasi Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) se-Sumatera Barat berakhir, Sabtu (16/12/2017). Dalam rapat koordinasi selama...

KWBT Mandeh Pessel Raih The Most Popular Hidden Paradise di API II 2017

AI Mangindo Kayo | Sabtu, 25-11-2017 | 23:05 WIB | 146 klik | Kab. Pesisir Selatan
<p>KWBT Mandeh Pessel Raih The Most Popular Hidden Paradise di   API II 2017<p>

Bupati Pessel, Hendrajoni bersama Lisda Rawdha (Ketua TP PKK) dan staf, foto bersama usai menerima award di ajang API II di Jakarta, Sabtu (25/11/2017). (humas)

VALORAnews - Alhamdulillah, Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh di Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat, akhirnya berhasil meraih peringkat sebagai Surga Tersembunyi Terpopuler di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) II tahun 2017, bunyi status salah satu akun facebook pada Sabtu (25/11/2017) malam.

Sontak, status tersebut pun langsung mendapat respon dari sejumlah masyarakat Kabupaten Pessel. Pasalnya, kabar masuknya KWBT Mandeh dalam 10 Nominasi Lokasi Wisata terpopuler di Indonesia sebelumnya, membuat mereka berdebar-debar.

Ini dikarenakan, KWBT wajib bersaing ketat bersama dengan daerah-daerah lain, yang notabene juga memiliki daerah wisata yang tak kalah indah.


Dan, bunyi status akun tadi seolah memberikan jawaban atas kegelisahan masyarakat. Rasa bangga, senang, dan bahagia pun bercampur. "Alhamdulillah,..akhirnya kita masuk juga," sahut beberapa akun lain menjawab si akun pemberi kabar malam itu.

Seperti dilansir di salah satu situs, pihak Kementrian Pariwisata RI bekerjasama dengan Indonesia Tourism Web Magazine atau lebih dikenal dengan situs ayojalanjalan.com, kembali memberikan penghargaan kepada kawasan - kawasan pariwisata di Indonesia yang dinilai memiliki keindahan serta dianggap layak menjadi destinasi unggulan di tanah air.

Dan, setelah melakukan sejumlah penilaian, Minggu malam, berlokasi di Studio Metro TV Jakarta, para pemenang dan peraih nominasi itu pun diumumkan.

Untuk Kabupaten Pessel, KWBT Mandeh berhasil meraih pemuncak pada API II/2017, dalam kategori Surga Tersembunyi Terpopuler (Most Popular Hidden Paradise), mengungguli 9 (sembilan) nominator lain.

Nanda Satria Azwar, Ketua Penyelenggara API II 2017 mengungkapkan, penghargaan ini bertujuan untuk meningkatkan industri pariwisata di Indonesia.

"Indonesia banyak memiliki objek wisata yang harus dikembangkan, jumlah wisman juga terpesat di tahun 2017 untuk kawasan Asean, mengalahkan Thailand dan Singapura," katanya, saat pengumuman juara API II 2017, Minggu malam.

Setidaknya, terang dia, sepanjang bulan Juni hingga Oktober ini, terdapat sekitar 4,5 juta tautan, dan lebih dari 32.000 berita di media online.

"Serta 5 (lima) juta share pada media sosial (Medsos)," sebut Nanda.

Sekretaris Kemenpar RI Ukus Kuswara mengungkapkan, pemerintah menetapkan bahwa pariwisata merupakan sektor yang harus dikembangkan, untuk target 20 juta wisatawan mancanegara di 2019/2020 mendatang.

"Anugerah Pesona Indonesia (API) yang kedua ini, adalah kegiatan tahunan, dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia. Sekaligus bertujuan mendorong peran serta masyarakat dan pemerintah setempat dalam mempromosikan daerah mereka," katanya.

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni menyebut, keberhasilan KWBT Mandeh meraih juara di API II merupakan hasil kerja keras seluruh masyarakat Pessel.

"Keberhasilan ini adalah hasil usaha bersama, serta keinginan besar dari masyarakat Pessel. Ini terbukti dengan Vote yang diberikan. Untuk itu, kami dari pemerintah daerah mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya, dan apresiasi setinggi-tingginya", kata Hendrajoni.

Dengan keberhasilan ini, terangnya, diyakini akan berdampak terhadap perekonomian masyarakat.

"Sebab dipastikan, para Wisman dan Wislok kian terpacu untuk datang berwisata ke KWBT Mandeh," beber Hendrajoni diamini Lisda Hendrajoni (Ketua TP PKK Pessel), dan Yunasri (Kadis Pariwisata, Pemuda Dan Olah Raga).

Selain Kabupaten Pessel dengan KWBT Mandeh, sejumlah daerah yang masuk dalam nominasi API II 2017 Kategori Surga Tersembunyi Terpopuler (Most Popular Hidden Paradise) di antaranya: Air Terjun Tumpak Sewu (Kab Lumajang), Desa Wisata Bantaragung (Kab Majalengka), Wanawisata Budaya Mataram (Kab Bantul), Pulau Nikoi (Kab Bintan), Pulau Dodola (Kab Pulau Morotai), Pulau Kodingareng Keke (Kota Makassar), Pulau Saponda (Kab Konawe), Riam Merasap (Kab Bengkayang), dan Teluk Saleh (Kab Sumbawa). (adv)

Komentar

Berita Kab. Pesisir Selatan