MITRA VALORA NEWS

Minggu, 2017-12-17 17:15 WIB

Kemendagri Diminta Seragamkan Lembaga Teknis Daerah Kesbangpol

<p>Kemendagri Diminta Seragamkan Lembaga Teknis Daerah Kesbangpol<p>

VALORAnews - Rapat Koordinasi Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) se-Sumatera Barat berakhir, Sabtu (16/12/2017). Dalam rapat koordinasi selama...

Bayar BBM Pakai Sistem Non Tunai Mulai 2018 di Sumbar

AI Mangindo Kayo | Sabtu, 25-11-2017 | 20:13 WIB | 175 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Bayar BBM Pakai Sistem Non Tunai Mulai 2018 di Sumbar<p>

Wakil Pimpinan Wilayah BRI Sumbar, Hery Santoso menerima cenderamata dari Ketua SMSI Sumbar, Syahrial Aziz usai jadi pembicara pada seminar nasional 'Gerakan Nasional Transaksi Non Tunai di Sumatera Barat, Tantangan dan Peluang," Kamis (23/11/2017) di Padang yang merupakan rangkaian pelantikan pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumatera Barat. (istimewa)

VALORAnews - Pembayaran bahan bakar minyak (BBM) di seluruh stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), akan menerapkan sisten non tunai pada 2018 nanti. Sumbar merupakan salah satu dari lima provinsi di Indonesia yang jadi lokasi penerapan perdana.

Hal itu dikatakan Wakil Pimpinan Wilayah BRI Sumbar, Hery Santoso saat jadi pembicara pada Seminar Nasional dengan tema 'Gerakan Nasional Transaksi Non Tunai di Sumatera Barat, Tantangan dan Peluang," Kamis (23/11/2017) di Padang yang merupakan rangkaian pelantikan pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumatera Barat.

"Mitra perbankan dalam pembayaran non tunai di SPBU ini dipercayakan pemerintah pada BRI. Selain itu, BRI juga menerbitkan kartu khusus untuk mendukung sistem pembayaran non tunai ini yakni kartu Brizzi Ranah Minang dengan warna dasar hitam. Lazimnya, kartu Brizzi berwarna biru," ungkap Hery Santoso dalam seminar yang dimoderatori Komite Tetap Bidang Perbankan Kadin Sumbar, Rezki Rifai.


Di kesempatan itu, Hery memastikan pada peserta seminar, cara top up (menambah saldo) kartu Brizzi yang cukup ditempel di belakang body smartphone berbasis android. "Smartphone yang akan digunakan untuk top up, harus sudah terinstall aplikasi BRI yang tersedia gratis di playstore. Begitu sudah terhubung, langsung saja tempel kartu Brizzi di bagian belakang handphone lalu ikuti menu yang tersedia," ungkap Herry.

Selain itu, Herry menerima peluang kerjasama dengan pengurus SMSI se-Indonesia. Yakni, kartu anggota SMSI yang sekaligus kartu Brizzi. "Kartu Brizzi ini diberikan tanpa perlu harus membuka rekening di BRI dulu," terang Hery seputar kemudahan dalam memiliki kartu Brizzi.

Saat ini, terangnya, kartu Brizzi telah bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Di Kota Padang, bisa digunakan untuk membayar karcis bus Trans Padang serta berbelanja di sejumlah toko. Sedangkan di Jakarta, kartu Brizzi digunakan untuk membayar tarif masuk jalan tol dan aneka keperluan lainnya.

Pentingnya produk perbankan yang menawarkan kemudahan dalam transaksi non tunai, juga diakui praktisi Hukum, Hj Dhifla Wiyani yang juga jadi pembicara dalam seminar ini. "Sekarang di Jakarta, mau kemana-mana jika lewat jalan tol, semuanya telah menggunakan sistem non tunai. Tanpa ada kartu non tunai, dunia jadi terasa sempit," terang Dhifla.

Bersama Herry dan Dhifla, juga hadir pembicara lainnya, Faldo Maldini (praktisi non tunai) dan Kenedy (Kabid Perbendaharaan BPKA mewakili walikota Padang) dengan Nasrul Abit (Wagub Sumbar) sebagai keynote speaker, menggantikan Andrinof A Chaniago (Komut BRI) yang berhalangan hadir karena masih bertugas di Sulawesi Selatan. (kyo)

Komentar

Berita Provinsi Sumatera Barat