MITRA VALORA NEWS

Minggu, 2017-12-17 17:15 WIB

Kemendagri Diminta Seragamkan Lembaga Teknis Daerah Kesbangpol

<p>Kemendagri Diminta Seragamkan Lembaga Teknis Daerah Kesbangpol<p>

VALORAnews - Rapat Koordinasi Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) se-Sumatera Barat berakhir, Sabtu (16/12/2017). Dalam rapat koordinasi selama...

Pariwara Pemkab Solok Selatan

Kawasan Seribu Rumah Gadang Juara I Kampung Adat Terpopuler

AI Mangindo Kayo | Sabtu, 25-11-2017 | 17:28 WIB | 132 klik | Kab. Solok Selatan
<p>Kawasan Seribu Rumah Gadang Juara I Kampung Adat Terpopuler<p>

Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria menerima piala Juara 1 anungrah Kangpung Adat Terpopuler pada ajang Angugrah Pesona Inronesia, yang diserahkan oleh Sekjen Kementrian Pariwisata RI, Ukus Kuswara di Grand Studio Metro TV Jakarta, Sabtu, (25/11/2017).

VALORAnews - Kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) Kabupaten Solok Selatan (Solsel) meraih juara I kampung adat terpopuler pada ajang Anugerah Pesona Indonesi (API) Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Penghargaan ini diterima oleh Bupati Solsel H Muzni Zakaria yang diserahkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pariwisata, Ukus Kuswara, Sabtu Malam (25/11) di Grand Studio Metro TV Jakarta.

Bupati Solsel H Muzni Zakaria, mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT dan terima kasih kepada semua pihak, semua masyarakat yang turut berkontribusi dalam raihan penghargaan ini, sehingga SRG mampu meraih juara I kampung adat terpopuler pada API.


Penghargaan ini, lanjutnya, menjadi motivasi bagi seluruh pihak untuk lebih mempersiapkan pariwisata lebih baik lagi.

"Terima kasih kepada semua pihak, sehingga SRG mampu menjadi terbaik kampung adat terpopuler. Ini menjadi motivasi untuk mempersiapkan pariwisata Solsel agar lebih baik," katanya.

Menurutnya, mempersiapkan patiwisata Solsel tidak hanya di SRG, tapi juga kepada obyek-obyek wisata lain seperti Rumah Gadang terpanjang di dunia yang telah menadapat rekor dunia MURI di Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari, wisata sejarah Perjuangan Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Bidar Alam Kecamatan Sangir Jujuan, Goa Batu Kapal dengan seribu warnyanya di Sangir Balai Janggo, air terjun dan sungai yang begitu banyak, dan potensi lain yang harus terus dikembangkan.

"Banyak potensi patiwisata di Solsel yang akan di siapkan, sehingga wisatawan memiliki pilihan," jelasnya.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada para penggiat pariwisata dan penggiat media sosial yang tidak bisa disebutkan satu persatu, yang terus bahu membahu mensosialisasikan kepariwisataan di Solsel.

"Penghargaan ini adalah untuk masyarakat Solsel secara keseluruhan," ujarnya.

Sekretaris Jendral Kementrian Pariwisata, Ukus Kuswara, mengatakan saat ini pihaknya tengah menggalakan Calibration, Confidence, credibility (3C).

"Penerapan rumus 3C terus digalakkan Kementrian Pariwisata, ," sebut Ukus Kuswara.

Kita harus mengkalibrasi atau mengukur apakah yang kita lakukan (untuk kemajuan pariwisata) apakah sudah pada jalur yang benar sesuai dengan standar dunia.

Selanjutnya berusaha meningkatkan self confidence, bagaimana percaya diri daerah menjadi lebih kuat, dan terakhir meningkatkan kredibilitas daerah kita masing-masing, dan Indonesia secara keseluruhan nantinya.

"Kami berusaha bagaimana daerah memiliki percaya diri yang lebih kuat, untuk memajukan pariwisatanya," tuturnya.

Kemenpar akan terus mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh berbagai pihak untuk lebih memajukan pariwisata. Dimanan Ukus Kuswara juga menganggap pelaksanaan API tahun ini sudah jauh lebih baik dari pelaksanaan tahun sebelumnya

"Termasuk peningkatan hingga 4 kali lipat dari sisi voter, dan bahkan 5 persen nya berasal dari luar negeri," sebutnya mengapresiasi.

Ketua Pelaksana API, Nanda Azwar, meyampaikan, bahwa peningkatan yang begitu pesat dari pelaksanaan API yang dilaksanakan tahun ini

"Tercatat 4,5 juta tautan, lebih dari 32 ribu pemberitaan media online. 5 juta posting di media sosial, dan belum termasuk yang digerakkan oleh media media lain di daerah," ujarnya menjelaskan peningkatan partisipasi dalam API tahun ini

"Ada 213 ribu suara/voter yang masuk, 4 kali lipat dari tahun sebelumnya. Dan 5 persen diantara voter/pemilih yang masuk berasal dari luar negeri yang didominasi oleh Amerika, Singapura, dan Belanda," jelasnya

Nanda menjelaskan bahwa kegiatan API yang didukung penuh Kementrian Pariwisata, Kominfo, dan juta Kementrian Lingkungan Hidup ini bertujuan untuk mendorong pemerintah daerah untuk lebih giat mempromosikan pariwisata di daerah masing-masing.

"Mudah-mudahan juga akan memberikan kontribusi terhadap peningkatan perekonomian daerah," tukasnya

Penggiat Media Sosial yang juga pengelola group Facebook Solok Selatan dengan anggota Puluhan Ribu, Nofendri atau yang lebih dikenal dengan Nofend d'Marolla, berharap agar di tahun mendatang akan lebih banyak lagi objek wisata di Solsel yang akan menjadi nominasi pada berbagai kategori yang ada.

"Termasuk adanya Goa Batu Kapal (GBK) di Sangir Balai Janggo yang bisa kita nominasikan pada kategori API ini," terangnya.

Turut hadir pada malam penganugerahan tersebut Ketua TP-PKK, Ny Suriati Muzni, Sekdakab H Yulian Efi, Asisten I Fidel Efendi, OPD terkait, Kepala Cabang Bank Nagari Lubuak Gadang, Okta Firdaus, para penggiat pariwisata, media sosial, serta para perantau Solsel di Jakarta. (adv)

Komentar

Berita Sport

Berita Kab. Solok Selatan