MITRA VALORA NEWS

Jumat, 2018-10-19 16:32 WIB

Syahiran Minta 3 Unit Mobnas Dikandangkan karena Kotor

<p>Syahiran Minta 3 Unit Mobnas Dikandangkan karena Kotor<p>

VALORAnews - Pemkab Pasaman Barat mengandangkan seluruh mobil dinas milik Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di halaman kantor bupati, Kamis...

Reses Masa Sidang III Faisal Nasir

Warga RT 06 dan 07 Surau Gadang Keluhkan Luberan Air Sawah ke Komplek Perumahan

AI Mangindo Kayo | Senin, 27-11-2017 | 23:53 WIB | 289 klik | Kota Padang
<p>Warga RT 06 dan 07 Surau Gadang Keluhkan Luberan Air Sawah ke Komplek Perumahan<p>

Anggota DPRD Padang dari Dapil Padang V, Faisal Nasir foto bersama dengan Ketua RT 06 dan 07 serta tokoh masyarakat lainnya, usai berdialog dalam rangka mengisi masa reses III 2017, Sabtu (25/11/2017) malam. (istimewa)

VALORAnews - Warga RT 07 dan 06 RW I, Kelurahan Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo, mengeluh soal banjir kepada anggota DPRD kota Padang, Faisal Nasir pada kegiatan reses pada masa sidang III DPRD Padang.

Warga kedua rukun tetangga yang berlokasi di Komplek Permata Surau Gadang dan Indah Pratama itu, setiap hujan apalagi hujan deras, pemukiman mereka banjir karena air di saluran drainase perumahan melimpah. Melimpahnya saluran drainase ini karena saluran utama drainase perumahan ini sekaligus jadi jalur utama pengairan sawah di sekitar perumahan tersebut.

"Setiap kali musim hujan seperti ini, jalan berubah seperti jadi anak sungai. Bahkan sesudah air menyusut, sampah-sampah yang dibawa air berserakan di kawasan komplek. Segan pula saya jadi ajak warga goro terus. Sedikit-sedikit goro, sedikit sedikit goro," kata Ketua RT 07/RW 01, Husni Jamal dibenarkan Jon, Ketua RT 06/RW 01, Sabtu (25/11/2017) malam.


Keluhan warga warga dua komplek itu, kembali disampaikan sejumlah perwakilan warga saat diskusi dengan Faisal. Politisi PAN ini mengaku, sebelum reses, sudah mendengar keluhan tersebut, bahkan meninjau kondisi drainase di perumahan itu.

Di hadapan Camat Nanggalo, Teddy Antonius, Lurah Surau Gadang Irzal, Ketua RW 01, para ketua RT di lingkungan RW 01, tokoh masyarakat serta warga RT 06 dan 07, Faisal memahami apa yang menjadi kelurahan warga. Solusi untuk saluran drainase ini, harus dibuat saluran drainase lanjutan hingga air bisa disalurkan terus.

Tiba di perbatasan kedua perumahan, air tersumbat sehingga saat hujan tiba, air tidak bisa mengalir dan meluap. Akibatnya banjir tak dapat dihindari. Karena tak ada saluran drainase lanjutan, maka ini harus segera dibangun agar air mengalir lancar dan persawahan di sekitar lokasi yang macet itu juga terairi dengan lancar pula.

Harusnya, kata dia, pengembang yang membangun komplek Permata Surau Gadang ini harus membuat saluran drainase utama sekaligus juga berfungsi sebagai saluran air sawah, dengan ukuran besar. Ini tidak sama saja besarnya saluran utama dengan saluran pembuangan air pemukiman.

"In Shaa Allah, saluran drainase lanjutan ini, kita upayakan dibangun pada 2018. Sudah dianggarkan dalam APBD sekitar Rp200 juta," kata putra Surau Gadang tersebut.

Mendengar jawaban itu, warga gembira dan senang. Bahkan memuji Faisal yang cepat tanggap dengan persoalan yang dialami warga. Tak hanya itu, bantuan untuk Masjid Al-Habib yang ada di komplek itu, sebesar Rp20 juta juga dialokasikannya pada 2018.

Naluri 'pembangunan' yang dimiliki Faisal juga akan diwujudkan dalam pembangunan jalan lingkung di kedua perumahan tersebut. Apalagi masih ada gang perumahan yang masih berupa jalan tanah dan ada hasil swadaya masyarakat era saisuak, tapi sudah rusak.

"Kasihan kita, kalau yang melewatinya ibu hamil," kata Azwir Wiraputra, tokoh masyarakat setempat.

"Kita upayakan pada APBD 2019. Apalagi untuk bangun jalan lingkung, dana cukup besar dan sistem penganggarkan yang menuntut harus dimasukkan dulu proposal dan rencana kerja. Biasanya setiap Juli hingga Agustus, sudah final. Sekarang sudah akhir November. Jadi nanti, sekitar Juli 2018 tolong kejutkan lagi saya soal ini," ujar Faisal.

Dalam acara reses yang dikemas dalam bentuk malam hiburan oleh warga, turut memberikan sambutan Camat Nanggalo Teddy Antonius. Katanya, salut kepada warga, meski hujan lebat, tapi yang hadir tetap ramai.

"Bapak-bapak dan ibu-ibu basah, saya juga basah. Wakil rakyat kita, Bapak Faisal Nasir juga basah. Tapi semangat dan kekompakan warga RT 06 dan 07, jadi energi baru, sehingga acara malam ini sukses. Luar biasa," kata Teddy.

Malam itu, juga ditampilkan berbagai acara hiburan menampilkan kebolehan ibu-ibu dan anak-anak RT setempat. Semua yang hadir, terhibur dibuatnya. Bahkan Faisal, Camat dan Lurah, menyumbangkan suara emasnya. Ketiga tokoh ini, juga menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba domino yang disponsori Faisal Nasir. (rls/kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar