MITRA VALORA NEWS

Minggu, 2017-12-17 17:15 WIB

Kemendagri Diminta Seragamkan Lembaga Teknis Daerah Kesbangpol

<p>Kemendagri Diminta Seragamkan Lembaga Teknis Daerah Kesbangpol<p>

VALORAnews - Rapat Koordinasi Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) se-Sumatera Barat berakhir, Sabtu (16/12/2017). Dalam rapat koordinasi selama...

Pemkab Pessel Raih Penghargaan Smart City Nusantara 2017

AI Mangindo Kayo | Selasa, 28-11-2017 | 10:48 WIB | 159 klik | Kab. Pesisir Selatan
<p>Pemkab Pessel Raih Penghargaan Smart City Nusantara 2017<p>

GM Witel PT Telkom Sumbar, Sulkan menyerahkan Sertifikat Smart City ke Bupati Pessel, Hendrajoni di Painan, Senin (28/11/2017). (humas)

VALORAnews - Pemkab Pesisir Selatan (Pessel), memperoleh penghargaan Smart City Nusantara dari PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau PT Telkom.

Sertifikat ditandatangi Dian Rachmawan selaku Direktur Enterprise dan Business Service PT Telekomunikasi Indonesia TBK. Award ini diserahkan GM Witel Sumatera Barat, Sulkan, Senin (27/11/2017) di Painan.

Sulkan menjelaskan, Smart City merupakan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembangunan serta pengelolaan sebuah Kota/Kabupaten, dengan tujuan meningkatkan kemampuan kerja dan kinerja pemerintah.


Penerapan konsep Smart City dimaksudkan, agar pemerintah mampu memberikan pelayanan berkelanjutan efektif serta dapat meningkatkan kenyaman dan keamanan kehidupan masyarakat.

Dalam rangka program menuju Gerakan 100 Kota/Kabupaten Smart City (Indonesia Smart City), PT Telkom memberikan apresiasi kepada pemerintah kabupaten/kota yang sudah mengimpelentasikan smart city.

"Dari 59 daerah yang memperoleh penghargaan tahun ini, salah satunya adalah Pemkab Pesisir Selatan," katanya, Senin pagi di Painan.

Penghargaan ini, tambahnya, dikarenakan kepercayaan Pemkab Pessel kepada PT Telkom dalam hal penyediaan ICT, untuk memberikan layanan Smart City di lingkungan pemerintahannya.

Selain sertifikat dan piagam, juga ada nantinya empat item layanan smart city yang diberikan PT Telkom kepada Pemkab Pessel.

Di antaranya, Layanan ICT atau Info Kawasan Wisata, Aplikasi e-Pelaporan, Layanan Wifi-Id untuk 10 Access Point (AP) di area yang terjangkau jaringan Fiber Optik dan layanan WIFI-ID Manage Service yang bisa disesuaikan dengan profile daerah.

"PT Telkom memberikan layanan tersebut di atas secara gratis alias di diskon 100 persen selama 12 bulan," kata Sulkan.

Penilaian terhadap Pessel sehingga memperoleh penghargaan ini, lanjutnya, sudah dimulai sejak setahun lalu.

"Daerah ini terlihat sudah menggunakan (mengimplemantasikan ICT Nusantara) dalam posisi keterlibatan aktif, berdasarkan parameter 4 C yakni: Content, Connectivity, Collaboration, dan Community," terang Sulkan.

Sementara, Bupati Pessel, Hendrajoni mengatakan, penghargaan yang diperoleh (Smart City Nusantara) dari PT Telkom tersebut merupakan apresiasi atas kerja yang dilaksanakan oleh para Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Tentunya juga berkat dukungan seluruh masyarakat Kabupaten Pessel," ucapnya.

Harapannya, tambah Hendrajoni, ke depan dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi bisa lebih meningkatkan lagi kemampuan kerja dan kinerja pemerintah.

"Kerja serta pelayanan ke masyarakat pun akan lebih cepat," katanya.

Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi, Junaidi menargetkan, di tahun 2018, pemkab Pessel bisa meraih kembali penghargaan yang sama.

"Karena, di tahun depan akan dilakukan kembali penilaian yang sama oleh PT Telkom terhadap kabupaten/kota yang mengimpelentasikan program smart city ini," katanya.

Untuk Pessel, terangnya, tahun ini berfokus kepada item smart city aplikasi e-Goverment.

"Di tahun depan, mungkin akan meningkatkannya ke aplikasi terkait smart city lainnya," jelas Junaidi. (adv)

Komentar

Berita Kab. Pesisir Selatan