MITRA VALORA NEWS

Minggu, 2017-12-17 17:15 WIB

Kemendagri Diminta Seragamkan Lembaga Teknis Daerah Kesbangpol

<p>Kemendagri Diminta Seragamkan Lembaga Teknis Daerah Kesbangpol<p>

VALORAnews - Rapat Koordinasi Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) se-Sumatera Barat berakhir, Sabtu (16/12/2017). Dalam rapat koordinasi selama...

Pengelola Homestay di Kawasan SRG Dapat Dana Stimulus dari Kemenpar

AI Mangindo Kayo | Kamis, 30-11-2017 | 00:03 WIB | 106 klik | Kab. Solok Selatan
<p>Pengelola Homestay di Kawasan SRG Dapat Dana Stimulus dari Kemenpar<p>

Tim percepatan pengembangan homestay desa wisata dari Kementrian RI meberikan bantuan stimulus kepada pengelola homestay rumah gadang di Kawasan Saribu Rumah Gadang, Solok Selatan, Rabu (29/11/2017). (humas)

VALORAnews - Kementerian Pariwisata Pepublik Indonesia (Kemenpar RI), memberikan paket stimulan pengembangan homestay Rumah Gadang di Kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG), Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, Solok Selatan, Rabu (29/11/2017). Ini bertujuan untuk mendongkarak pengembangan homestay dalam pelayanan dan penerapan standart penginapan.

Wakil Ketua Tim Percepatan Pengembangan Homestay Desa Wisata, Kemenpar RI, Adam Nuril mengatakan, ini merupakan dorongan awal terhadap pemilik homestay agar memiliki standart pelayanan yang sesuai dengan pariwisata.

"Selain memberikan bantuan stimulus, para pemilik homestay ini juga dibakali dengan berbagai pengetahuan tentang standar pelayanan penginapan," katanya.


Menurutnya, ada 10 homestay yang diberikan bantuan bantuan stimulus ini. Masing-masing mendapatkan 5 paket. Paket berupa amenities yakni, selimut, seprai, bantal, buku tamu serta buku panduan homestay.

"Pada buku panduan tersebut, berisi bagaimana mengembangkan sebuah homestay seperti menata kamar tidur, ruangan serta standar pelayanan terhadap tamu," jelasnya.

Pihaknya juga berkeinginan, homestay rumah gadang ini lebih siap dengan fasilitas toilet dan kamar mandi. Idealnya, untuk dua tamu terdapat satu kamar mandi.

"Hal seperti ini wajib menjadi acuan kepada seluruh homestay yang ada di Solok Selatan ini. Agar pelayanan dan fasilitas menjadi acuan standar," katanya.

Sementara, Kepala Bidang Pengembangan dan kreatifitas, Dinas Pariwisata Solok Selatan, Denny Yuliandra mengatakan, bantuan tersebut hendaknya menjadi acuan bagi pengembangan setiap rumah gadang yang dijadikan homestay.

"Agar seluruh homestay yang ada ini memiliki standar pelayanan yang tak kalah bersain dengan hotel yang berkelas," harapnya. (rls)

Komentar

Berita Kab. Solok Selatan