MITRA VALORA NEWS

Minggu, 2017-12-17 17:15 WIB

Kemendagri Diminta Seragamkan Lembaga Teknis Daerah Kesbangpol

<p>Kemendagri Diminta Seragamkan Lembaga Teknis Daerah Kesbangpol<p>

VALORAnews - Rapat Koordinasi Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) se-Sumatera Barat berakhir, Sabtu (16/12/2017). Dalam rapat koordinasi selama...

Syaiful Kukuhkan Pengurus KONI Solok Selatan

AI Mangindo Kayo | Jumat, 01-12-2017 | 22:33 WIB | 120 klik | Kab. Solok Selatan
<p>Syaiful Kukuhkan Pengurus KONI Solok Selatan<p>

Pengurus KONI Solok Selatan, masa bhakti 2017-2021 berfoto bersama usai pelantikan di aula kantor bupati Solok Selatan, Kamis (30/11/2017). (humas)

VALORAnews - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumbar, Syaiful mengukuhkan dan melantik 44 personil pengurus KONI Solok Selatan (Solsel), masa bhakti 2017-2021 di aula kantor bupati Solsel, Kamis (30/11/2017).

Selain Syaiful, pelantikan dihadiri Sekum KONI, Hendra Dupa, Ketua Bidang Organisasi KONI, Fadly Amran. Bupati Solsel melalui Asisten III, Yul Amri dan unsur Forkompinda, Koramil Sangir dan Polres Solsel.

Setelah membacakan janji Prasetya bagi 44 personil pengurus KONI, Syaiful mengatakan, olahraga mampu mempersatukan dan memperkokoh bangsa tanpa mengenal ras, suku dan agama. "Hal ini tidak bisa dipungkiri," sebutnya.


Syaiful juga mengapresiasi Pemkab Solsel, yang terus menerus memberikan bantuan pembinaan bagi atlet sehingga Solsel bisa meraih peringkat sebelas pada Porprov 2016. "Hanya Solsel yang rutin menggelar Porkab hingga delapan kali di Sumbar. Ini tidak terlepas dari bantuan Pemkab dan legislatif. Dari delapan kali itu, lima kali Porkab ditangan Mario Syahjohan," lanjutnya.

Menurut Syaiful, bagi pengurus KONI, hal itu merupakan pengabdian dalam meningkatkan harkat dan martabat bangsa. "Tetap berdiri tegak untuk melangkah bersama membangun prestasi olahraga khususnya di Solsel," tandasnya.

Ia juga berharap, Solsel bisa jadi tuan rumah Porprov XVII pada 2022. Dalam mempersiapkan itu, pihaknya menawarkan rapat anggota KONI se-Sumbar di Solsel pada 2018, yang terdiri dari 19 kabupaten/kota di Sumbar.

"Saat rapat itu, secara bersama bisa dikoordinasikan terkait persiapan Solsel sebagai tuan rumah Porprov," tambahnya.

Kemudian, Syaiful juga berharap, Solsel bisa menjadi sentral pembinaan untuk tiga sampai lima cabang olahraga khusus. Salah satu upaya untuk menghasilkan atlet prestasi dengan perlu adanya sentralisasi cabor.

Selain itu, Syaiful juga mengapresiasi pengurus KONI yang telah mengabdi sebelumnya. "Penghargaan sebesar-besarnya untuk yang telah mengabdi selama ini serta bagi pengurus baru terus mengabdi untuk memajukan olahraga di Solsel," terangnya.

"Saya salut belum dikukuhkan, pengurus baru sudah beraktivitas tanpa memikirkan hak tapi sudah mengerjakan tanggung jawab," tambahnya.

Sementara, Ketum KONI Solsel, Mario Syahjohan mengatakan, pada 2022 pihaknya menyiapkan Solsel sebagai tuan rumah Porprov Sumbar. Juga menyiapkan atlet prestasi untuk berlaga di PON 2020. "Dalam waktu dekat, pada 2018 kita juga bakal mempersiapkan ajang Pra-Porprov Sumbar. Saat ini lebih dari 10 cabor berprestasi dan meraih medali emas pertama diajang nasional dari cabang Kempo di Jawa Barat 2016," katanya.

Pengurus KONI saat ini, imbuh Mario, sekitar 70 persen didominasi kaum muda. "Kita bisa mengguncang dunia dengan anak muda. Jangankan 10 pemuda, dengan lima pemuda kita bisa mengguncang dunia. Tapi dengan syarat ada kemauan keras dan semangat tinggi," terangnya.

"Prestasi olahraga ditentukan oleh pengurus KONI, cabor dan sinergi dengan stakeholder. Kedepan kita berharap bisa merubah warna olahraga dan meningkatkan prestasi sebab tugas kedepan semakin berat," tambahnya.

Ia juga mengapresiasi buat semua yang telah mendukung dan membantu meningkatkan prestasi olahraga di Solsel. "Prestasi atlet ditentukan pelatih. Nah, Ketum KONI Sumbar adalah pelatih bagi saya. Saya juga salut pada pengurus baru. Mereka hanya melaksanakan tugas tanpa menanyakan haknya, ini semangat tersendiri buat saya," pungkasnya.

Asisten III Sekdakab Solsel, Yul Amri berterima kasih atas prestasi olahraga Solsel dari peringkat 18 se-Sumbar bisa menanjak naik ke peringkat 11 pada Porprov Sumbar 2016.

"Hal ini berkat militansi dan kerja keras pengurus KONI. Kedepan, apa yang diamanahan bisa dilaksanakan dengan tanggung jawab untuk memajukan olahraga. Semoga kerjasama bisa solid, sebab masih banyak tantangan. Pemkab Solsel akan selalu mendukung program KONI dalam memajukan olahraga di Solsel," tutupnya. (rls)

Komentar

Berita Kab. Solok Selatan