MITRA VALORA NEWS

Minggu, 2017-12-17 17:15 WIB

Kemendagri Diminta Seragamkan Lembaga Teknis Daerah Kesbangpol

<p>Kemendagri Diminta Seragamkan Lembaga Teknis Daerah Kesbangpol<p>

VALORAnews - Rapat Koordinasi Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) se-Sumatera Barat berakhir, Sabtu (16/12/2017). Dalam rapat koordinasi selama...

TPS 3R KSM Melati Diresmikan, Mahyeldi: Sekarang Sampah Telah Bisa Diolah Kembali

AI Mangindo Kayo | Senin, 04-12-2017 | 16:01 WIB | 76 klik | Kota Padang
<p>TPS 3R KSM Melati Diresmikan, Mahyeldi: Sekarang Sampah Telah Bisa Diolah Kembali<p>

Wako Padang, Mahyeldi Dt Marajo melihat mekanisme kerja mesin pencacah yang digunakan untuk menghancurkan sampah organik usai peresmian TPS 3R KSM Melati, di Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan, Senin (4/12/2017). (humas)

VALORAnews - Walikota Padang, Mahyeldi Dt Marajo meresmikan Tempat Pengolahan Sampah (TPS) 3 R (Reduce, Reuse dan Recycle) di Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan, Senin (4/12/2017). TPS yang dikelola Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Melati ini berdiri atas kemauan masyarakat dengan didukung beberapa pihak.

Sebagaimana tujuannya adalah sebagai tempat untuk memfasilitasi masyarakat dalam upaya meningkatkan pengurangan sampah sejak dari sumbernya dengan sistem Reduce (Mengurangi Produk Sampah), Reuse (Menggunakan Kembali Sampah) dan Recycle (Daur Ulang Sampah).

Mahyeldi menyampaikan, atas nama Pemerintah Kota Padang mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak sehingga hadirnya TPS 3R Melati Rawang.


"Semoga keberadaan TPS 3R ini akan banyak memberikan banyak kontribusi untuk kebersihan Kota Padang. Sehingga, terciptanya kota yang bersih, indah dan nyaman," harap Mahyeldi didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Padang, Al Amin.

Mahyeldi juga berterimakasih pada pihak terkait terutama seluruh masyarakat, sehingga kembalinya Piala Adipura ke pangkuan Kota Padang di 2017 ini. Ia pun berharap, prestasi tersebut harus dipertahankan dan terus ditingkatkan sampai kapanpun.

"Sangat tepat hadirnya TPS 3R KSM Melati di Kelurahan Rawang ini. Semoga, dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dan jadi budaya kita bersama demi menciptakan kawasan yang bersih dan bebas dari sampah, karena sekarang berbagai jenis sampah telah bisa diolah," ungkapnya.

"Sehingga tidak menjadi limbah namun dapat disulap sebagai produk baru yang bermanfaat bahkan memiliki nilai jual," tambah Mahyeldi.

Sementara, Ketua TPS 3R KSM Melati, Syaiful menyebutkan, pembangunan TPS 3R ini sudah mulai dibangun sejak 2015 lalu, dengan berada di eks Kantor Kelurahan Rawang Timur. Untuk sumber dana pembangunannya, katanya, berasal dari APBN/APBD, kontribusi masyarakat dan sumber dana lainnya.

"Pengadaan sarana dan prasarana, berasal dari APBN dilakukan melalui DIPA Satuan Kerja (Satker) Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman (PSPLP) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar)," ungkapnya.

Sementara itu, jelas Syaiful, di dalam TPS 3R KSM Melati meliputi beberapa area ruang lingkup. Di antaranya area penerimaan sampah, pemilahan, pencacahan, composting dan pematangan kompos disertai gudang kompos dan sarana pendukung lainnya.

Untuk fasilitas di samping bangunan, juga memiliki becak motor sebanyak 2 unit, mesin pencacah 1 unit, mesin ayakan rotary 1 unit dan keranjang 'Takahura' 200 buah.

"Alhamdulillah, antusias masyarakat Kelurahan Rawang cukup tinggi menyambut keberadaan TPS 3R ini. Untuk ke depan, di samping melakukan pemungutan sampah skala rumah tangga, kita akan terus melakukan sosialisasi. Untuk ini, kita sudah memilik program kerja rencana jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Kita berharap, Kelurahan Rawang menjadi kawasan yang bersih dan bebas dari sampah," tukasnya.

Dalam peresmian TPS 3R KSM Melati tersebut, ditandai dengan penandatanganan prasasti gedung sekaligus pengguntingan pita. Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Satker PSPLP Sumbar, Irman, Camat Padang Selatan, Fuji Astomi serta lurah dan tokoh masyarakat setempat. (rls/vri)

Komentar