MITRA VALORA NEWS

Minggu, 2017-12-17 17:15 WIB

Kemendagri Diminta Seragamkan Lembaga Teknis Daerah Kesbangpol

<p>Kemendagri Diminta Seragamkan Lembaga Teknis Daerah Kesbangpol<p>

VALORAnews - Rapat Koordinasi Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) se-Sumatera Barat berakhir, Sabtu (16/12/2017). Dalam rapat koordinasi selama...

Irfendi Suguhkan Hattrick Tiga Prestasi dalam Sepekan

AI Mangindo Kayo | Rabu, 06-12-2017 | 17:14 WIB | 68 klik | Kab. Lima Puluh Kota
<p>Irfendi Suguhkan Hattrick Tiga Prestasi dalam Sepekan<p>

Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi usai menerimaan penganunegarahan dana Rakca Award di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan RI di Jakarta, Rabu (6/12/20107). (humas)

VALORAnews - Bupati Limapuluh Kota, H Irfendi Arbi menyuguhkan hattrick berupa tiga prestasi secara berturut-turut dalam waktu satu pekan. Ketiga kesuksesan tersebut antara lain berupa, perolehan Dana Insentif Daerah (DID) dari Kementerian Keuangan RI sebesar Rp26,75 miliar.

DID tersebut yang diserahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam rangkaian acara sosialisasi transfer ke daerah dan dana desa tahun anggaran 2018 dan penganunegarahan dana Rakca Award di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan RI di Jakarta, Rabu (6/12/20107).

Ikut hadir dan memberikan materi dalam acara tersebut Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigasi Eko Putro Sandjojo, serta Menteri Bappenas Bambang Brojonegoro.


Menurut staf Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI, Muhammad Zainuddin, Kabupaten Limapuluh Kota kembali mendapatkan DID karena dinilai berkinerja baik. Dari sejumlah ketegori yang dinilai, daerah ini dinilai berhasil di bidang pendidikan, kesehatan dan penuntasan kemiskinan.

Sedangkan prestasi ke dua adalah Anugerah Paramakarya 2017 yang akan diserahkan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Ruang Serba Guna Gedung Kementerian Ketenagakerjaan, Jumat (8/12/2017). Hal itu sesuai dengan surat Kementerian Ketenagakerjaan Nomor B.689/LATTAS/XII/2017 tanggal 4 Desember 2017.

Paramakarya merupakan penghargaan tertinggi di nasional dari Kementerian Ketenagakerjaan RI tentang kualitas dan produktifitas tenaga kerja termasuk manajemen keselamatan kerja, jemainan kesehatan tenaga kerja/BPJS yang diperoleh Tom Burger Kabupaten Limapuluh Kota.

Yang ketiga berupa Anugerah Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia yang bakal diserahkan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Ahad (10/12/2017). Penghargaan itu diberitahukan Direktorat Jenderal HAM Kementerian Hukum dan HAM RI dalam melalui surat Nomor: HAM-UM.01.03-53 tanggal 15 November 2017.

Bupati Limapuluh Kota, H Irfendi Arbi mengaku sangat bersyukur dan berterimaksih kepada semua pihak atas diraihnya berbagai penghargaan tersebut. Menurutnya, semua itu adalah anugerah Allah yang harus disyukuri.

"Alhamdulillah, kita kembali mendapatkan DID, dan juga bakal mendapatkan penghargaan lainnya. Prestasi itu adalah keberhasilan masyarakat dan anugerah dari Allah Tuhan Yang Maha Kuasa yang harus kita syukuri. Saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan semua pihak sehat yang telah membantu terwujudnya berbagai prestasi ini" ungkap Irfendi.

Dikatakan, prestasi itu diharapkan bisa menjadi motivasi bagi berbagai pihak di daerah ini untuk bergiat dan tampil lebih baik lagi ke depannya. Terutama bagi seluruh jajaran Pemkab Limapuluh Kota, hendaknya bisa menjadikan ini sebagai pemicu menunjukan kinerja yang lebih maksimal lagi.

"Kita berharap prestasi ini menjadi motivasi bagi kita terutama jajaran Pemkab Limapuluh Kota untuk terus ditingkatkan, agar Kabupaten Limapuluh Kota lebih dikenal di kancah nasional. Tak kalah pentingnya menjadikan masyarakat dan daerah lebih baik lagi," ujar Irfendi.

Sejumlah tokoh masyarakat mengaku bangga dan mengapresiasi Irfendi, yang terus mendulang penghargaan tingkat nasional. Kekaguman mereka makin bertambah sebab baru beberapa hari lalu meraih Limapuluh Kota penghargaan Swastisaba Kabupaten Sehat 2017, kini Limapuluh Kota kembali panen prestasi.

"Berkat tangan dingin Irfendi, masyarakat dan daerah Kabupaten Limapuluh Kota terangkat lagi di tingkat nasional. Saya bangga dan mengacungi jempol buat bupati," ungkap Welia Safitri, salah seorang perantau Jakarta asal Limbanang yang juga mantan calon Wali Kota Payakumbuh.

Ia berharap, berbagai kebolehan bupati itu bisa ditiru para wali nagari dengan ikut mengukir prestasi di tingkat nasional atau setidaknya di tingkat Provinsi Sumatera Barat.

"Kita berharap, berbagai prestasi yang telah ditunjukan bupati itu juga diikuti wali nagari dengan ikut merebut prestasi nasional dan tingkat provinsi," tutur Welia.

Apresiasi juga dilontarkan Ketua Bamus Nagari Guguak, Fakhri Dt Sumu, anggota Bamus nagari Persiapan Ulu Aia Muhammad Amin serta sejumlah tokoh masyarakat lainnya. Menurutnya, Limapuluh Kota saat ini terus berbenah dan semakin tampil dan memposisikan diri sejajar bahkan lebih di depan dari daerah lain.

"Menurut saya, ini luar biasa. Rentang waktu satu pekan bisa membawa pulang tiga prestasi secara berturut-turut. Bahan minggu sebelumnya Bupati Irfendi juga telah mengondol penghargaan Swastisaba Kabupaten Sehat tahun 2017. Artinya, selama kepemimpinan beliau telah banyak menuai prestasi tingkat nasional," ujar Fakhri. (rls/kyo)

Komentar

Berita Kab. Lima Puluh Kota