MITRA VALORA NEWS

Kamis, 2018-10-18 18:16 WIB

Ilusi Band Ajak Berperilaku Jujur Lewat Rilis Lagu Bohong

<p>Ilusi Band Ajak Berperilaku Jujur Lewat Rilis Lagu Bohong<p>

VALORAnews - Seperti kerang memendam mutiara, akhirnya Ilusi Band merilis lagu ke tiga berjudul Bohong. Lagu ini adalah lagu pertama ditulis Ilusi...

Padang Terapkan Otomatisasi di TPA Air Dingin

AI Mangindo Kayo | Sabtu, 16-12-2017 | 18:13 WIB | 248 klik | Kota Padang
<p>Padang Terapkan Otomatisasi di TPA Air Dingin<p>

Walikota Padang, Mahyeldi Dt Marajo menempelkan kartu yang digunakan pada mesin pencatat volume sampah di TPA Sampah Air Dingin, Ahad (16/12/2017). Selain volume, mesin ini juga bisa men gukur jumlah truk dan kontrol operasional truk. (humas)

VALORAnews - Untuk menghitung jumlah truk, volume dan kontrol operasional truk sampah, Pemko Padang menerapkan otomatisasi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Air Dingin, Kecamatan Koto Tangah. Otomatisasi tersebut dilengkapi dengan jembatan timbang truk sampah.

Walikota Padang, Mahyeldi mengatakan, kontrol operasionalisasi truk sampah sangat diperlukan untuk mengetahui kebutuhan truk sampah di Kota Padang. Agar, sampah tidak lama menumpuk di Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

"Hal lain yang sangat penting dari otomatisasi ini adalah mengetahui volume sampah yang masuk ke TPA. Kota Padang menjadi yang pertama menerapkan otomatisasi ini di Sumatera," ujar Mahyeldi usai meluncurkan otomatisasi jembatan timbang truk sampah di TPA Air Dingin, Sabtu (16/12/2017).


Dijelaskan, untuk mengurangi volume sampah di TPA, penerapan 3R (Reuse, Reduce, Recycle) harus dimulai dari sampah rumah tangga di TPS dan di bank-bank sampah. Supaya sampah-sampah tersebut juga bisa berdaya guna.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang, Al Amin mengungkapkan, otomatisasi di TPA Air Dingin untuk memastikan volume sampah yang masuk dan mengontrol keluar masuknya truk pengangkut sampah, termasuk petugas yang membawa truk tersebut.

"Sampah yang masuk ke TPA ini sekitar 450 ton per hari, sedangkan di waktu libur sekitar 600 ton per hari," ungkap Al Amin.

Ditambahkannya, dengan adanya otomatisasi di TPA Air Dingin bisa meningkatkan operasionalisasi dan pengelolaan sampah di Kota Padang. (rls/vri)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar