MITRA VALORA NEWS

Kamis, 2018-07-19 13:29 WIB

Pendiri Mustika Ratu Puji Limapuluh kota

<p>Pendiri Mustika Ratu Puji Limapuluh kota<p>

VALORAnews - Hj BRA Mooryati Soedibyo mengapresiasi keelokan alam dan keramahtamahan masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota. Ia berharap, seluruh...

Pariwara Bidang Kesehatan HUT ke-14

Solsel Konsisten Benahi Infrastruktur Kesehatan dan Perbaikan Kualitas Layanan

AI Mangindo Kayo | Kamis, 11-01-2018 | 19:32 WIB | 227 klik | Kab. Solok Selatan
<p>Solsel Konsisten Benahi Infrastruktur Kesehatan dan Perbaikan Kualitas Layanan<p>

Pelayanan kesehatan di daerah terpencil di Talantan Lubuk Ulang Aling Selatan, Solok Selatan guna melayani kesehatan untuk masyarakat yang berada di ujung kabupaten itu. (humas)

VALORAnews - Sepanjang 2017 lalu, banyak keberhasilan dan prestasi yang diraih oleh Dinas Kesehatan Solok Selatan. Hal ini tidak lain, atas upaya keseriusan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan untuk menggenjot daerah itu untuk keluar dari status daerah tertinggal dari indikator kesehatan.

Selain dari keberhasil dan prestasi, berbagai program kesehatan juga tengah digulirkan di kabupaten yang berjuluk "Nagari Saribu Rumah Gadang" itu. Di umurnya ke-14 tahun pada 2018 ini, Pemkab Solok Selatan bertekat melakukan peningkatan pada bidang kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan, Novirman mengatakan, pada 2017 lalu pihaknya telah menuntaskan 8 akreditasi dari 9 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di Solok Selatan. Tiga di antara Puskesmas tersebut meraih predikat Akreditasi Madya.


"Pada 2018 ini, kita tinggal menuntaskan satu Puskesmas yang belum terakreditasi yakni, Puskesmas Lubuk Ulang Aling," katanya.

Delapan Puskesmas yang telah terakreditasi, pada 2016, ada tiga puskesmas yang memperoleh akreditasi yakni, Puskesmas Bidar Alam predikat Akreditasi Madya, Puskesmas Talunan dan Pakan Raba,a dengan akreditasi dasar.

Dilanjut pada 2017 lalu, ada 5 Puskesmas yang mendapatkan akreditasi yakni, Puskesmas Lubuk Gadang dan Abai Akreditasi Madya. Puskesmas Muara Labuh, Pakan Salasa dan Mercu mendapatkan akreditasi dasar.

Selain dari 8 Puskesmas, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) juga telah mendapatkan akreditasi dasar.

"Penilaian akreditasi untuk Puskesmas dan RSUD dari tim akreditasi Kemenkes RI ini sangatlah penting. Jika hingga 2019 nanti tidak terakreditasi, maka pihak BPJS tidak bisa melakukan kerjasamanya dengan Puskesmas," katanya.

Selain itu, dengan akreditasi mutu dan pelayanan Puskesmas dan RSUD tersebut dipastikan akan meningkat sesuai prosedur dan petunjuk dari akredidasi itu.

Keberhasilan selanjutnya, tingginya partisipasi masyarakat dalam keikut sertaan pemeriksaan IVA test atau pemeriksaan dini kanker servik. Pemeriksaan IVA test ini diwajibkan kepada ibu-ibu yang telah berumur 30 tahun hingga 50 tahun.

"Keberhasilan pemeriksaan IVA test ini berada diangka 30 persen lebih. Ini menjadikan Solok Selatan sebagai daerah pencapaian IVA test tertinggi di Sumatera Barat," katanya.

Sementara itu, untuk penghargaan Solok Selatan dibidang kesehatan sepanjang 2017 yakni, pertama penghargaan Paramesti. Yaitu, penghargaan terhadap kabupaten atau kota yang telah menetapkan peraturan bupati tentang kawasan tanpa rokok.

"Penghargaan selanjutnya, pencapaian atas imunisasi dasar lengkap diatas 80 persen," katanya.

Penghargaan selanjutnya, Juara I lomba sekolah sehat tingkat Propinsi Sumatera Barat pada jenjang pendidikan SD/MI. Prestasi ini didapatkan oleh sekolah SD YPT. KSI YPTSS, milik PT. Kencana Sawit Indonesia salah satu perusahaan perkebunan yang ada di Solok

"Penghargaan selanjutnya, Swasti Saba Padapa. Penghargaan ini merupakan sebuah keberhasilan penyelenggaraan kabupaten Sehat 2017/untuk klasifikasi pemantapan," jelas Novirman.

Kemudian, program unggulan yang telah terlaksana, pertama program indonesia sehat melalui pendekatan keluarga. Dimana dalam pelaksanaan program ini melakukan pendekatan dan sosialisasi langsung kepada keluarga.

"Program selanjutnya, Pengembangan posbindu bagi pencegahan dan penanggulangan penyakit tidak menular. Program ini disebar di tujuh kecamatan yang ada di Solok Selatan. Hal ini dilakukan untuk menekan sekaligus melakukan pencegahan," jelasnya.

Kemudian, program unggulan selanjutnya, Peningkatan penduduk mengakses jamban sehat. Dimana telah dilakukan sosialisasi penggunaan jamban serta pemberian jamban kepada masyarakat.

"Terakhir, Peningkatan manajemen puskesmas melalui peningkatan status akreditasi Puskesmas. Hal ini ditekankan pada, pelayanan, sarana prasarana dan tenaga kesehatan," pungkas Novirman. (adv)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Alex Indra Lukman mengucapkan selamat hari raya idul fitri

Komentar

Berita Ranah

PILKADA KOTA PADANG 2018