MITRA VALORA NEWS

Kamis, 2018-12-13 19:50 WIB

DPTHP Kedua Catatkan Ribuan Pemilih Tanpa Dokumen Kependudukan di Sumbar

<p>DPTHP Kedua Catatkan Ribuan Pemilih Tanpa Dokumen Kependudukan di Sumbar<p>

VALORAnews - Pemilih di Sumbar bertambah 76.242 orang setelah penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP-2) di Padang, Rabu...

Bertambah 22 Lagi Wartawan Sumbar Lulus UKW

AI Mangindo Kayo | Sabtu, 13-01-2018 | 23:02 WIB | 237 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Bertambah 22 Lagi Wartawan Sumbar Lulus UKW<p>

Tujuh orang pemimpin redaksi dari sejumlah media Sumbar, tengah mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) level utama, Sabtu (13/1/2018). Penguji UKW utama ini adalah Sihono HT (berpeci). (fb ajo amir)

VALORAnews - Jumlah wartawan berkompeten di Sumbar bertambah 22 orang lagi. Namun, sebanyak delapan orang dinyatakan belum memenuhi standar minimal kompetensi. Dari 30 peserta yang ikut uji kompetensi wartawan (UKW) yang digelar PWI dan Polda Sumbar itu, 17 orang di antaranya mengikuti uji kompetensi kategori wartawan muda, enam wartawan madya dan tujuh wartawan utama.

"Wartawan yang dinyatakan lulus, UKW ini bukanlah akhir dari kompetensi wartawan. Tapi adalah awal mempertanggungjawabkan hasil UKW ini. Karena, hasil UKW yang diperoleh wartawan ini harus dapat dipertanggungjawabkan dalam menjalankan tugas-tugas kewartawanan," ungkap Tim Penguji UKW Tingkat Utama, Sihono HT saat penutupan UKW, Sabtu (13/1/2018) di Padang.

Dikatakan, pelaksanaan UKW ini, membuat makin banyak wartawan professional yang lahir dari PWI. "Kegiatan ini merupakan kontribusi PWI, dalam upaya menghasilkan wartawan yang memiliki kompetensi sesuai standar. Profesionalme wartawan akan semakin baik ke depannya," kata Sihono.


Sementara, Ketua PWI Sumatera Barat, Heranof Firdaus menyebutkan, antusias wartawan Sumatera Barat untuk mengikuti UKW cukup tinggi. "Pada pelaksanaan UKW awal 2018 ini, ada 6 orang peserta ditolak karena sudah melebihi kuota yang ditetapkan panitia," terangnya.

Bagi PWI Sumbar sendiri, terangnya, pelaksanaan UKW ini sudah ketujuh kalinya dan yang pertama di 2018. Karena cukup tinggi keinginan wartawan mengikuti UKW, mereka yang belum bisa mengikutinya sekarang, dipersilakan mendaftar pada UKW Maret 2018 mendatang.

"Pelaksanaan UKW tersebut direncanakan usai kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) yang dipusatkan di Sumbar," kata Heranof.

Menurut Heranof, pelaksanaan UKW ini sejak Jumat (12/1/2018). "Wartawan yang menjalankan fungsi sosial kontrol dan mencerdaskan bangsa, memang perlu memiliki kompetensi," kata Heranof.

Pembukaan UKW yang berlangsung Jumat (12/1/2018), dihadiri Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Syamsi, Humas Bank Nagari Zulfahmi dan sejumlah pengurus PWI Sumbar. (rls)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar