MITRA VALORA NEWS

Kamis, 2018-02-22 20:07 WIB

Polres Kepulauan Mentawai Gelar IVA Test Meriahkan HUT Bhayangkari ke-38

<p>Polres Kepulauan Mentawai Gelar IVA Test Meriahkan HUT Bhayangkari ke-38<p>

VALORAnews - Polres Kepulauan Mentawai menggelar pemeriksaan Inspeksi Visual Asefet/IVA Test, Kamis (22/2/2018), di Gedung Serba Guna Sioban,...

Konferta V Digelar Sabtu

Empat Jurnalis Mengapung di Bursa Calon Ketua AJI Padang

AI Mangindo Kayo | Kamis, 18-01-2018 | 22:49 WIB | 118 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Empat Jurnalis Mengapung di Bursa Calon Ketua AJI Padang<p>

Ketua Panitia Konferta V AJI Padang, Aidil Ichlas. (facebook)

VALORAnews - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Padang, Sabtu (20/1/2018), akan menggelar Konferensi Kota (Konferta) kelima. Agenda utama Konferta ini yakni pemilihan ketua baru yang akan memimpin AJI Padang periode 2018-2021.

Ketua Panitia Konferta V AJI Padang, Aidil Ichlas mengatakan, sejumlah persiapan telah dilakukan untuk menyukseskan konferta kelima AJI Padang, yang akan diadakan di Hotel Bunda Padang.

"Sejumlah anggota AJI Padang yang berada di Luar daerah sudah menyatakan diri hadir dalam agenda tiga tahunan ini. Bahkan Ketua Umum AJI Indonesia, Abdul Manan juga dijadwalkan hadir," ungkap Aidil, jurnalis Beritasatu TV dalam siaran pers yang diterima, Kamis (18/1/2018).


Nantinya, terang Aidil, ketua terpilih akan menggantikan ketua dan sekretaris saat ini, Yuafriza (Mentawaikita.com) dan Yose Hendra (Jurnalis Media Indonesia).

"Semoga Konferta kali ini bisa membuat keputusan, program kerja dan pengurus yang mampu membawa AJI Padang semakin meningkatkan kualitas dan kuantitas serta berperan aktif dalam menjaga dan menggawangi kebebasan pers di Padang khususnya dan Sumatera Barat pada umunya," katanya.

Sementara, Ktua AJI Padang, Yuafriza mengatakan, sebelum pemilihan dan penetapan ketua AJI Padang periode 2018-2021, akan diadakan sosialisasi Kode Perilaku AJI yang baru oleh anggota Majelis Etik AJI Indonesia, Syofiardi Bachyul (The Jakarta Post) dan Koordinator AJI Wilayah Sumatera, Hendra Makmur.

Kode Perilaku AJI tersebut disahkan dalam kongres AJI ke-10 yang dilaksanakan di Solo, November 2017.

"Sosialisasi kode perilaku penting sebagai penjabaran dari Kode Etik AJI dan agar bisa menjadi pedoman bagi jurnalis anggota AJI Padang," kata pemimpin redaksi Mentawaikita.com itu.

Ocha, sapaan akrab Yuafriza, juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh rekan-rekan dari berbagai organisasi jurnalis, LBH Pers Padang, rekan jurnalis dan rekan-rekan aktivis masyarakat sipil lainnya di Sumatera Barat, yang selama ini sudah sama-sama berjuang untuk kebebasan pers dan kebebasan berekspresi bersama AJI Padang.

Dirinya berharap, elemen pers di Sumbar, aktivis masyarakat sipil dan semua elemen masyarakat tetap terus berjuang untuk membela kebebasan pers dan kebebasan berekspresi.

Kepada ketua AJI Padang terpilih nanti, ia meminta untuk tetap memperjuangkan Tri Panji AJI yakni kemerdekaan pers, profesionalisme dan kesejahteraan jurnalis.

Konferta kali ini juga istimewa bagi AJI Padang, karena berdekatan dengan ulang tahunnya yang ke-13. AJI Padang dideklarasikan pada 23 Januari 2005 silam.

Ada sejumlah nama yang mengapung sebagai bakal calon ketua AJI Padang periode 2018-2021, mereka adalah Andri El Faruqi (Tempo), Donal Maisel (TV One), Aidil Ichlas (Berita Satu TV) dan Yose Hendra (Media Indonesia). (rls)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Provinsi Sumatera Barat