MITRA VALORA NEWS

Senin, 2018-12-10 21:34 WIB

Bina Anjal dengan Batalyon 133, Padang Raih Penghargaan Kemensos

<p>Bina Anjal dengan Batalyon 133, Padang Raih Penghargaan Kemensos<p>

VALORAnews -- Kota Padang meraih penghargaan Rehabilitasi Sosial Anak Jalanan dari Kementerian Sosial RI. Penghargaan tersebut diterima Kepala Dinas...

Wako Bukittinggi Apresiasi BMKG Lakukan Pengamatan Gerhana di Jam Gadang

AI Mangindo Kayo | Kamis, 01-02-2018 | 22:55 WIB | 297 klik | Kota Bukittinggi
<p>Wako Bukittinggi Apresiasi BMKG Lakukan Pengamatan Gerhana di Jam Gadang<p>

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias berkesempatan melihat gerhana bulan total melalui teleskop yang telah disediakan BMKG Padangpanjang, Rabu (31/1/2018) malam. (humas)

VALORAnews - Pengamatan gerhana bulan total oleh BMKG Padangpanjang di Bukittinggi, dimulai pukul 17.00 WIB, Rabu (31/1/2018). Kontak pertama kali antara bulan dan bayangan bumi terjadi pukul 17.49 WIB, namun masyarakat Sumatera Barat belum dapat melihat kontak pertama itu, dikarenakan bulan di Sumatera Barat baru terbit pukul 18.28 WIB.

"Gerhana sebagian dimana bulan mulai memasuki bayangan umbra bumi terjadi pukul 18.48 WIB. Gerhana total terjadi pukul 19.51 WIB dan puncak gerhana total terjadi pukul 20.29 WIB. Kemudian, gerhana total berakhir pukul 21.08 WIB dan gerhana berakhir pukul 23.09 WIB," ungkap Kepala BMKG Padangpanjang, Rahmat Triyono dalam siaran pers yang diterima.

Dalam sambutannya, Rahmat Triyono menyampaikan, pengamatan gerhana bulan total di Jam Gadang, tidak hanya untuk melaksanakan Tupoksi BMKG. Tetapi, juga untuk memberikan edukasi dan wisata gerhana ke masyarakat dan wisatawan.


BMKG Padangpanjang dan Pemko Bukittinggi, menggelar pengamatan gerhana bulan total di area obyek wisata Jam Gadang Bukitinggi. Kegiatan ini dihadiri Walikota Bukittinggi, H M Ramlan Nurmatias, H Irwandi (Wakil Walikota Bukittingi), H Abrar Munanda (Kepala Kantor Kemenag Bukittinggi).

Kemudian, Kepala Dinas Pariwisata Bukittinggi, Erwin Umar, Rahmat Triyono (Kepala BMKG Padangpanjang) dan Hartanto (Kepala BMKG GAW Kototabang) serta para pejabat di lingkungan Pemko Bukittinggi.

Dalam sambutannya, Ramlan mengimbau masyarakat, untuk bisa menyaksikan fenomena langka ini dan memberikan apresiasi ke BMKG yang telah memilih Bukittinggi sebagai tempat pengamatan gerhana bulan total.

Di kesempatan itu, Ramlan berkesempatan untuk menyaksikan Gerhana Bulan Total melalui teleskop yang telah disiapkan BMKG Padangpanjang. Masyarakat sekitar, para guru dan murid-murid serta masyarakat yang sedang berlibur di kawasan Bukittinggi, selain berwisata juga dapat melihat langsung fenomena gerhana bulan total ini.

Pada saat kegiatan pengamatan berlangsung, masyarakat yang menonton di area Jam Gadang tampak antusias. Hal ini dilihat dari banyaknya penonton yang berada di area pengamatan dan banyaknya masyarakat yang bertanya mengenai fenomena Gerhana Bulan Total ini.

Selain itu, tampak cukup banyak masyarakat yang melakukan swafoto pada saat kejadian Gerhana Bulan melalui layar proyektor yang telah disiapkan, di salah satu area Jam Gadang untuk memudahkan masyarakat dalam melihat peristiwa Gerhana Bulan Total ini. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Metro

Berita Kota Bukittinggi