MITRA VALORA NEWS

Kamis, 2018-02-22 20:07 WIB

Polres Kepulauan Mentawai Gelar IVA Test Meriahkan HUT Bhayangkari ke-38

<p>Polres Kepulauan Mentawai Gelar IVA Test Meriahkan HUT Bhayangkari ke-38<p>

VALORAnews - Polres Kepulauan Mentawai menggelar pemeriksaan Inspeksi Visual Asefet/IVA Test, Kamis (22/2/2018), di Gedung Serba Guna Sioban,...

Taslim Chaniago Sandang Gelar Datuak Tambogo

AI Mangindo Kayo | Selasa, 13-02-2018 | 17:24 WIB | 72 klik | Kab. Agam

VALORAnews -- Sekretaris DPW PAN Sumbar, Taslim Chaniago jadi penghulu kaum suku Chaniago Sungai Angek, Nagari Simarasok, Kecamatan Baso. Kabupaten Agam. Berdasarkan musyawarah ninik mamak, Ahad (11/2/2018), Taslim dipercaya mengemban gelar Datuak Tambogo.

"Karena Datuak Tambogo yang terdahulu sudah tua, maka suku Chaniago di Sungai Angek sepakat, menurunkan gelar datuak itu ke saya," ujar Taslim, Selasa (13/2/2018) di Padang.

Permusyawaratannya, sebut anggota DPR RI periode 2009-2014 dari PAN itu, memakan waktu cukup lama. Sampai dini hari.


"Terakhir dipasangkan deta di kepala sebagai tanda sahnya menyandang gelar adat. Momen itu hari sudah jelang subuh," sebut mantan Ketua Pemuda Muhammadiyah Sumbar yang baru kali ini merasakan betapa hebatnya ternyata adat Minang saat suksesi kepemimpinan adat.

Semoga dalam waktu dekat, kata Taslim, gelar datuknya akan dilewakan melalui prosesi adat. "Waktu yang pas sedang dicari, tetapi kerbau untuk dibantai sudah ada," seloroh Alumni Jurusan Kimia Fakultas MIPA Unand itu.

Rencananya, pada alek batagak gala itu, akan diundang Prof Amien Rais, tokoh-tokoh nasional di Jakarta, Forkopimda Sumbar dan Kabupaten Agam, serta kerabat dan handai taulan yang tinggal di rantau maupun ranah. (rls)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar