MITRA VALORA NEWS

Emzalmi Desri
Mahyeldi Hendri

Pariwara Pemkab Solok Selatan

Anita CT Desak Kawasan SRG Segera Direstorasi

AI Mangindo Kayo | Kamis, 08-03-2018 | 21:48 WIB | 187 klik | Kab. Solok Selatan
<p>Anita CT Desak Kawasan SRG Segera Direstorasi<p>

Bupati Solsel, Muni Zakaria foto bersama Anita CT dan pihak terkait lainnya, saat kunjungannya ke Kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) di Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, Senin (5/3/2018). (humas)

VALORAnews - Anita Chairul Tanjung berkeinginan melakukan restorasi salah satu rumah gadang yang ada di Kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) di Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu. Hal ini dilakukannya, agar peninggalan budaya ini bisa dilestarikan sebagai bukti daerah ini merupakan daerah pusat budaya pada zaman dulu.

"Saya sangat kagum dan takjub akan keelokan kawasan SRG ini. Dimana, di satu kawasan terdapat ratusan rumah gadang yang terdiri dari berbagai jenis dan miliki suku yang ada," kata Anita CT saat kunjungannya, Senin (5/3/2018).

Untuk turut melestarikannya, dirinya nanti bersama CT corps akan melakukan restorasi terhadap salah satu rumah gadang yang ada di kawasan ini.


"Nanti kita akan bantu salah satu rumah gadang untuk direstorasi. Untuk nominalnya, antara Rp500 juta hingga Rp1 miliar," katanya.

Menurutnya, nanti diserahkan sepenuhnya kepada Pemkab Solok Selatan untuk memilih rumah gadang yang layak untuk direstorasi. Yang penting pihaknya, turut serta dalam pelestarian peninggalan budaya ini.

"Selain restorasi nantinya, saya juga turut membantu promosi kawasan ini agar lebih dikenal hingga kemancanegara. Salah satunya, seluruh karyawan CT Corps dan Trans Corps diwajibkan untuk datang ke kawasan SRG sebelum berwisata ke luar negeri," jelasnya.

"Saya tanya karyawan yang ikut, udah pernah ke Solsel? Ternyata, mereka belum pernah ke Solsel. Sepulang dari sini, Saya akan bicara ke suami, supaya seluruh karyawan CT Corp, untuk berkunjung ke Solsel, ini hukumnya wajib," katanya.

Selain itu, adat istiadat dan masyarakat nya luar biasa sehingga dirinya ingin kembali lagi kesini. Terimakasih atas sambutan yang ramah oleh masyarakat dan Bupati serta seluruh stakeholder.

Dia mengatakan, Solsel memiliki alam, adat dan budaya yang sangat berpotensi luar biasa. Apalagi, rumah gadang yang berusia ratusan tahun masih banyak berdiri kokoh.

Anita CT berharap, masyarakat melestarikan adat dan budaya serta alam. Selain itu, tujuan kunjungan ke Solsel adalah dalam rangka eksplorasi keindahan alam dan budaya Nusantara.

"Saya ingin menulis buku mengenai keindahan alam Indonesia. Saya berharap, SRG tidak hanya nomor satu di Indonesia saja tapi, bisa jadi objek wisata nomor satu di tingkat Internasional," harapnya.

"Semoga proses restorasi kawasan SRG dari Kementrian PUPR cepat terealisasi supaya segera bisa dinikmati oleh wisatawan Nusantara dan Mancanegara," tambahnya. (adv)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Alex Indra Lukman mengucapkan selamat hari raya idul fitri

Komentar

Berita Kab. Solok Selatan

PILKADA KOTA PADANG 2018