MITRA VALORA NEWS

Emzalmi Desri
Mahyeldi Hendri

Pusat Alokasikan Rp110 Miliar untuk Benahi Pariwisata Solsel

AI Mangindo Kayo | Minggu, 11-03-2018 | 21:25 WIB | 281 klik | Kab. Solok Selatan
<p>Pusat Alokasikan Rp110 Miliar untuk Benahi Pariwisata Solsel<p>

Bupati Solsel, Muzni Zakaria menyerahkan buku tentang potensi pariwisata daerah tersebut pada Komut BRI, Andrinof A Chaniago, saat diskusi ringan usai menikmati jalan pagi di di Kawasan Wisata Gunung Padang. (istimewa)

VALORAnews - Kerja keras dan cerdas Bupati Solsel, Muzni Zakaria dalam memajukan pariwisata Solok Selatan, berbuah manis. Kawasan Seribu Rumah Gadang (SRG) kini jadi perhatian khusus Presiden Joko Widodo dan Rp110 miliar APBN pun mengucur untuk merevitalisasinya.

"Alhamdulillah, terobati lelah perjuangan panjang dengan perhatian khusus Bapak Presiden Jokowi terhadap Kawasan Seribu Rumah Gadang," sebut Muzni di Padang, Ahad (10/3/2018).

Pada Ahad pagi itu, Muzni terlibat diskusi santai dengan Komut BRI, Andrinof A Chaniago, Asril Etek (Dirut Kunango Jantan Grup), Indra Warman (Owner RSU Naili DBS Padang), Syafriawati (Penggiat Wisata), Novermal Yuska (Pemred Jurnalsumbar.com) dan Penheri (Humas BRI Sumbar), usai jalan santai di Kawasan Wisata Gunung Padang.


Menurut Muzni, kucuran bantuan pemerintah pusat itu, tak lepas dari bantuan Andrinof A Chaniago, putera terbaik Minangkabau yang kini jadi orang kepercayaan Presiden Jokowi. "Saya juga banyak belajar dengan Pak Asril Etek, yang sukses dengan Kunango Jantan-nya," ungkap Muzni.

Dikatakan, prasasti peresmian Revitalisasi Kawasan Nagari Seribu Rumah Gadang yang ditandatangani Presiden Jokowi pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di Padang, 9 Pebruari 2018 lalu, diperlakukannya secara khusus dan istimewa, yaitu diletakan di tempat tidurnya dan dipandangi semalam suntuk.

"Malam itu saya tidur di lantai bersama isteri saya," kenangnya.

Dijelaskan, kini proyek yang mengangkat Solok Selatan ke dunia internasional itu dalam proses lelang di Kementerian PUPR. "Alhamdulillah, presiden kucurkan Rp110 miliar dari APBN dan dilaksanakan dengan sistem tahun jamak," terangnya.

"Kawasan SRG ini juga akan dilengkapi dengan sebuah menara cantik. In Syaa Allah akan jadi ikon Sumatera Barat," tambahnya.

Diakui Muzni, mengubah mindset masyarakat jadi tuan rumah pariwisata yang baik, memang susah. "Terpaksa seperti memandikan kuda. Kita harus turun tangan langsung," ujarnya. "Kalau nampak ada sampah di lokasi wisata, saya turun dan saya pungut sampah itu sembari mengajak masyarakat di sana menjaga kebersihan," tambahnya.

"Saya juga sering menyapu rumah gadang dan mengepelnya, kemudian berterimakasih ke pemiliknya," ujar Ketua Gerindra Solok Selatan itu.

Muzni menegaskan, pihaknya akan terus meningkatkan kebersihan kawasan wisata, termasuk menghadirkan toilet yang bersih. "Kita juga terus meningkatkan pelayanan bagi wisatawan yang datang ke Solok Selatan," tegasnya.

Selain Kawasan Nagari Seribu Rumah Gadang, tambah Muzni, Solok Selatan juga punya objek wisata Istano Rajo Balun, Masjid 60 Kurang Aso, Kebun Teh Liki, Hot Water Boom, Aia Malanca, Air Terjun Tangsi Ampek, Air Terjun Kembar, Valoe Argo, Rumah dan Tugu PDRI, Rumah Gadang 21 Ruang, dan Goa Puti Linduang Bulan.

"Kuliner tradisional Solok Selatan juga menggoda selera, pasti pengen mencoba lagi," pungkasnya.

Kenangan Jokowi

Revitalisasi Kawasan SRG di Muaro Labuh, kabupaten Solok Selatan berawal dari kenangan Jokowi muda naik Gunung Kerinci pada 1983 silam. Jokowi muda naik bis selama 3 hari dari Jawa melalui Padang, Solok Selatan lalu menuju Gunung Kerinci. Jokowi muda pun kagum melihat keindahan rumah gadang di Solok Selatan.

"Anak muda (Jokowi muda-red) tersebut adalah yang ada di depan Bapak Ibu semuanya saat ini," sebut Presiden Jokowi pada peringatan HPN 2018 di Padang, dan langsung disambut tepuk tangan meriah 3.000 tamu.

"Saya ingat betul waktu naik Gunung Kerinci, lewat Solok Selatan, ada rumah tradisi adat, yaitu rumah gadang, sangat indah sekali," lanjut Jokowi.

Kekaguman akan keindahan rumah gadang itu pun, masih terasa sampai kini, saat Jokowi sudah duduk menjadi orang nomor satu di Indonesia. Sebagai bentuk kekaguman, Presiden Jokowi memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, merevitalisasi rumah gadang di Kabupaten Solok Selatan.

"Sebagai bentuk kekaguman, saya mencanangkan merevitalisasi seribu rumah gadang Kabupaten Solok Selatan, provinsi Sumatera Barat. Tadi pagi saya sudah perintahkan Pak Menteri, tolong selesaikan tahun ini," lanjut Jokowi.

Revitalisasi rumah-rumah gadang ini akan menjadi prototipe pembangunan rumah gadang yang ada di Sumatera Barat, bahkan seluruh Indonesia. (rls/kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Alex Indra Lukman mengucapkan selamat hari raya idul fitri

Komentar

Berita Kab. Solok Selatan

PILKADA KOTA PADANG 2018