MITRA VALORA NEWS

Sabtu, 2018-07-21 21:16 WIB

Ini Data Korban Gempa Segmen Sumani Sabtu Sore

<p>Ini Data Korban Gempa Segmen Sumani Sabtu Sore<p>

VALORAnews -- Satu orang meninggal dunia, akibat gempa tektonik yang melanda kawasan Kabupaten Solok, Sabtu (21/7/2018), pukul 14.58 WIB. Hasil...

MTQ Padang Selatan Dimeriahkan Eksibisi Antar Etnis

AI Mangindo Kayo | Sabtu, 17-03-2018 | 18:22 WIB | 195 klik | Kota Padang
<p>MTQ Padang Selatan Dimeriahkan Eksibisi Antar Etnis<p>

Pjs Wako Padang, Alwis didampingi Fuji Astomi (Camat Padang Selatan), membuka selubung tanda dimulainya Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Kecamatan Padang Selatan yang dipusatkan di Masjid Al-Fath Seberang Padang, Sabtu (17/3/2018). (humas)

VALORAnews - Ada yang berbeda pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Kecamatan Padang Selatan yang dipusatkan di Masjid Al-Fath Seberang Padang, Sabtu (17/3/2018). Kali ini diadakan eksibisi antar etnis yang beragam, terdiri dari etnis Tionghoa, India, Nias, Jawa, Batak dan Sunda.

Menurut Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Padang, Alwis, hal ini menggambarkan keberagaman masyarakat di Kota Padang. Khususnya di Kecamatan Padang Selatan yang sangat heterogen, bisa diakomodir untuk berpartisipasi dalam syiar keagamaan melalui MTQ.

"Partisipasi multi etnis dalam MTQ ini patut kita apresiasi, karena menumbuhkan semangat pembauran," kata Alwis usai membuka MTQ Padang Selatan.


Dia menambahkan, pelaksanaan MTQ yang dimulai dari tingkat kecamatan, tingkat kota dan provinsi serta tingkat nasional, disamping untuk prestasi, subtansinya adalah untuk lebih membumikan Alquran.

"Di samping membina prestasi, MTQ dilaksanakan untuk lebih membumikan al Quran dan syiar agama Islam," ujar Alwis.

Sementara, Camat Padang Selatan, Fuji Astomi mengungkapkan, pada MTQ kali ini diadakan lomba multi etnis. Semua itu untuk meningkatkan semangat pembauran sekaligus merespon dari keinginan warga muslim dari etnis selain Minangkabau yang banyak bermukim di kawasan Kecamatan Padang Selatan.

Sebagai camat penerima Harmony Award yang berhasil menjaga kerukunan umat beragama dan berbagai suku, Fuji Astomi merasa bertanggungjawab mengimplementasikan kerukunan itu, dalam kegiatan-kegiatan di kecamatan itu.

"Harmony Award yang diterima dari Kementerian Agama harus terus diimplementasikan," katanya.

Sekretaris Kecamatan Padang Selatan, Robert Candra EP selaku Ketua Panitia Pelaksana menyebutkan, peserta dari 12 kelurahan terdiri dari sebanyak 237 qori dan qoriah.

Pembukaan MTQ ini didahului dengan pawai yang diikuti kafilah mencapai seribu peserta. Hadir pula pada acara pembukaan ini anggota DPRD Padang Amril Amin dan Ilham Maulana serta para tokoh masyarakat. (rls/vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar