MITRA VALORA NEWS

Sabtu, 2017-12-16 18:53 WIB

Gubernur Sumbar Luncurkan Gerakan NES

<p>Gubernur Sumbar Luncurkan Gerakan NES<p>

VALORAnews -- Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menghadiri peluncuran Pengembangan Kawasan Inklusi Keuangan Terpadu melalui Gerakan Nagari Elok...

Home » Lensa

Ini Foto-foto Bunga Raflesia yang Mekar Sempurna di Bukit Nagari Salo

Jumat, 05-08-2016 22:24 WIB
<p>Ukur Diameter<p>
Ukur Diameter
Penemu Bunga Raflesia, Nasrul St Basa (61), mencoba mengukur diameter bunga tersebut dengan seutas tali. Diketahui, diameter bunga ini sebesar 65 cm. (hatta rizal/valoranews)

Bunga Rafflesia bakal jadi ikon Nagari Salo, Kecamatan Baso, Agam, Sumatera Barat. Nagari yang merupakan lokasi pertama program ABRI Masuk Desa (AMD) di Sumbar pada era Soeharto itu, bakal dikenal orang seantero negeri karena terdapat bunga yang sangat langka dan dilindungi.

Wartawan valora.co.id, Hatta Rizal, menelusuri lokasi tumbuh dan mekarnya bunga di tengah hutan Bukik Baka di Jorong Kuruak, Kenagarian Salo, Kecamatan Baso, Agam itu. bisa tetap aman dan jauh dari jangkauan tangan jahil.

"Butuh satu jam perjalan ke lokasi. Medan yang ditempuh, luar biasa terjal dan penuh semak belukar. Sialnya, saya tak bawa bekal sekadar pengobat haus," lapor Hatta Rizal melalui pesan BBM. "Tapaso aia banda nan disasok (terpaksa air sungai yang diminum-red)," tambah Hatta Rizal tentang upaya mengobati dahaga yang datang menghampiri.

Lokasi hutan tempat ditemukannya bunga legendaris itu, memang amat terpencil. Pantauan valora.co.id di lapangan, memang terlihat hutan itu amat jarang dijamah manusia, karena lokasinya sekitar 45 menit dari pemukiman terdekat.

Bahkan untuk menuju ke sana, Nasrul St Basa (61), penemu bunga Raflesia itu, yang juga berkenan menemani portal ini ke atas bukit, harus membawa parang untuk menerobos semak yang cukup menyulitkan, kendati ada jalan setapak sebagai pedoman. (cr6)

<p>Perhatikan Raflesia<p>
<p>Tampak Samping<p>
<p>Foto Selfie<p>
<p>Jalan Terjal<p>

Komentar

Berita Terpopuler