Berita Kota Padang Panjang

Home » Berita » Ranah

Pertama di Indonesia

Pantai Padang Dilengkapi Taman Edukasi Bencana

Selasa, 01-05-2018 | 18:07 WIB | 275 klik
<p>Pantai Padang Dilengkapi Taman Edukasi Bencana<p>

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Wilem Rampangilei didamingi Alwis (Pjs Wako Padang) dan pejabat lainnya, meresmikan Taman Edukasi Bencana (TEB) di depan Danau Cimpago, Purus, Selasa (1/5/2018). (humas)

VALORAnews - Danau Cimpago, Pantai Padang tidak saja menyajikan panorama laut yang indah, sekarang di kawasan itu juga ada Taman Edukasi Bencana (TEB). Kehadiran TEB yang saat ini baru satu-satunya di Indonesia, diharapkan menjadi pilot project guna menambah pengetahuan masyarakat agar tanggap terhadap bencana.

Disela peresmian TEB, Selasa (1/5/2018), Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Wilem Rampangilei mengatakan, ada tiga yang dinilai penting dengan pembangunan taman edukasi bencana ini.

Pertama, Indonesia adalah negara yang merupakan rawan bencana, yang kedua dilihat kecenderungannya akan semakin meningkatnnya frekuensi dan intensitas bencana itu sendiri. Hal ini ditandai dengan dampak perubahan iklim. Lalu ketiga, cuaca ekstrim dan ditemuinya potensi bencana baru yang signifikan.


"Selain perubahan iklim, juga ditemuinya potensi bencana baru yang signifikan," kata Wilem.

Dia melihat, pengetahuan dan kapasitas masyarakat serta budaya sadar bencana masih perlu ditingkatkan. Peningkatan itu harus komprehensif, salah satunya melalui edukasi masyarakat drngan menghadirkan TEB.

"Salah satu upaya adalah melalui edukasi, karena edukasi itu merupakan cara yang paling tepat dan paling efektif dalam meningkatkan kapasitas, pengetahuan dan budaya sadar bencana masyarakat sehingga memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana," ulasnya.

Taman ini dibangun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggandeng sejumlah instansi, termasuk Balai Wilayah Sungai (BWS) V Kementerian PUPR. Berlokasi di kawasan Danau Cimpago, Pantai Padang, Kelurahan Purus Kecamatan Padang Barat.

Sementara itu, Penjabat Sementara Walikota Padang, Alwis mengatakan, kehadiran TEB ini, tentunya bermanfaat bagi masyarakat. Disamping ia sebagai taman yang menambah pengetahuan masyarakat, kehadirannya menjadi salah satu spot untuk kunjungan wisata di Kota Padang khususnya di kawasan pantai.

"Keberadaan taman ini tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat. Jadi spot baru di Padang khususnya sekitar pantai," kata Alwis. (rls/vry)

KOMENTAR