MITRA VALORA NEWS

Kamis, 2020-08-06 19:53 WIB

Empat Kelahiran di Malalak, Seorang Penderita Stunting

<p>Empat Kelahiran di Malalak, Seorang Penderita Stunting<p>

VALORAnews - Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria menilai, stunting bisa ditekan melalui gerakan bersama. Tapi, jangan pernah sekali-kali...

Irfendi Arbi Serahkan Beasiswa dari Baznas

AI Mangindo Kayo | Kamis, 03-01-2019 | 20:54 WIB | 441 klik | Kab. Dharmasraya
<p>Irfendi Arbi Serahkan Beasiswa dari Baznas<p>

Bupati Limapuluh Kota, H Irfendi Arbi tidak mau ada anak yang putus sekolah karena alasan biaya. Tampak dalam foto, bupati bercengkrama dengan para siswa di sebuah sekolah belum lama ini. (humas)

VALORAnews - Bupati Limapuluh Kota, H Irfendi Arbi membagikan zakat bagi para siswa dan pegawai honorer di lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Limapuluh Kota. Ia berharap, bantuan dana itu dapat menstimulasi para siswa lebih berprestasi sekaligus menambah semangat pegawai honorer untuk menunjukan kinerja terbaiknya.

"Kita berharap, zakat ini dapat menstimulasi para siswa untuk lebih semangat belajar dan mengejar berprestasi. Kita tidak mau ada siswa dari keluarga miskin terhalang mengecap pendidikan dan meraih cita-cita karena alasan ekonomi," ungkap Irfendi Arbi usai menyerahkan secara simbolis zakat dari Badan Amil Zakat nasional (Baznas) Limapuluh Kota, dalam rangkaian acara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag ke 73 di halaman kantor bupati, Kamis (3/1/2019).

Irfendi bersyukur, zakat yang sebagian besarnya berasal dari ASN Kabupaten Limapuluh Kota ini, dapat disalurkan buat membantu memenuhi kebutuhan pelajar yang mengalami keterbatasan ekonomi. Ia mengaku, tidak mau mendengar ada anak putus sekolah lantaran tidak memiliki biaya.


"Bagi saya tidak ada alasan berhenti sekolah. Miskin bukan alasan tidak sekolah. Jika ada anak kita yang tidak sekolah karena alasan tidak ada biaya laporkan kepada saya. Kita punya Basnaz dan sumber pembiayaan lainnya," tegas Irfendi.

Irfendi berharap, bantuan yang disalurkan itu dapat meringankan beban para orang tua siswa penerimanya. Ia ingin para siswa itu lebih termotivasi untuk menumbuhkan semangat belajar dan dapat berprestasi.

"Alhamdulillah, kita kembali bisa menyalurkan bantuan pendidikan bagi para siswa dan tenaga honorer yang bekerja dilingkungan kantor Kemenag. Mudah-mudahan zakat ini menjadi stimulan yang mampu memberikan manfaat bagi para penerimanya," ulang Irfendi.

Ketua 2 Bidang Pendistribusian Baznas Limapuluh Kota, H Nursal menjawab wartawan mengatakan, dana zakat itu dibagikan untuk 177 siswa MA, MTs dan MI di Kabupaten Limapuluh Kota dan siswa yang bersekolah di MA, MTs dan MI Kota Payakumbuh yang berasal dari Limapuluh Kota. Selain itu buat 10 orang tenaga honorer yang bekerja di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Limapuluh Kota.

"Total dana yang kita serahkan ini berjumlah Rp75 juta buat 187 orang mustahik," ujar Nursal.

Dijelaskan, pada 2018 ini, Baznas Limapuluh Kota telah mengumpulkan zakat sekitar Rp2,9 miliar dan sekitar Rp2,6 miliar sudah disalurkan kepada mustahik. Sedangkan sisanya akan dibagikan dalam bentuk bantuan produktif. (rls/kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar