MITRA VALORA NEWS

Sabtu, 2021-01-23 20:19 WIB

6 Siswa dan 4 Guru SMA 1 Siberut Terpapar Covid19

<p>6 Siswa dan 4 Guru SMA 1 Siberut Terpapar Covid19<p>

VALORAnews - Juru bicara tim penanganan Covid 19 Mentawai, Lahmudin Siregar mengungkapkan, terjadi penambahan 11 pasien yang terkonfirmasi positif...

Nasrul Abit Cicipi Kue AH Sembari Seruput Kopi Khas Solok

AI Mangindo Kayo | Senin, 24-06-2019 | 14:16 WIB | 309 klik | Kab. Solok
<p>Nasrul Abit Cicipi Kue AH Sembari Seruput Kopi Khas Solok<p>

Wagub Sumbar, Nasrul Abit memperlihatkan Kue AH yang jadi penganan khas masyarakat Solok, saat rehat di sebuah warung kopi pinggir jalan, usai perjalanan dinas ke Dharmasraya, akhir pekan lalu. (humas)

VALORAnews - Disela-sela padatnya kegiatan sebagai Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat, Nasrul Abit Datuak Malintang Panai, setelah melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Dharmasraya, singgah sejenak melepas lelah, di warung kopi untuk melihat kondisi masyarakat setempat.

Nasrul Abit sangat menikmati kopi panas di sebuah warung kopi "Sanjai Rahmat" Bukit Subang Lubuk Selasih Kabupaten Solok yang ditemani ajudan dan tim kerja dan Humas setda Sumbar sambil menikmati seruput (minum) kopi penat terasa hilang, pikiran kembali segar.

"Dari dulu masyarakat Minang suka minum kopi di warung untuk menjalin komunikasi dengan masyarakat sekitarnya, banyak hal cerita yang dibahas di warung kopi, mulai dari problema masyarakat, politik pemerintahan hingga sampai kemancanegara," ungkap Nasrul Abit yang pernah menjabat Wakil Bupati 2000-2005 dan Bupati Pesisir Selatan dua periode yaitu 2005-2015.


Seraya menikmati aroma kopi yang harum dan nikmat, Nasrul Abit juga mencicipi kue khas bikinan masyarakat setempat. Kue AH, namanya. Beberapa kali kudap, kue tak lagi bersisa.

"Kue AH ini enak rasanya, sudah jarang sekali saya melihat dan memakannya. Di Padang tidak ada yang jual, ini khas kue asli masyarakat pedesaan. Betul-betul enak dan gurih," ujarnya mempromosikan.

"Kopi nikmat, kuepun enak, pastinya nanti ketagihan," kata dia.

Dikesempatan itu, Nasrul Abit berharap, pelaku usaha kecil dan menengah (UKM), seperti ini yang perlu ditingkatkan, bahkan sejumlah usaha sejenis diharapkan untuk membentuk koperasi untuk meningkatkan kesejahteraan mereka melalui UKM.

"Selama ini terbukti, perekonomian Sumbar itu lebih banyak di UKM, karena industri besar kurang berkembang di Sumbar," sebutnya.

Menurut Nasrul Abit, berbagai usaha baru terus tumbuh mulai dari produksi rumahan sampai dengan para pedagang yang berjualan. Dengan pertumbuhan itu, keinginan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian kesejahteraan mereka bisa tercapai.

"Kita sebagai Pemerintah selaku fasilitator tetap melakukan pengawasan," terangnya.

Disela perbincangan, terlihat pengunjung menyapa sosok Nasrul Abit yang juga memberikan pandangan, "Seperti inilah yang dinanti masyarakat, Pak Wagub. Seorang pemimpin yang bisa merakyat dan mengerti dan ingin membantu peduli menyelesaikan masalah rakyatnya," kata Agus seorang pengunjung yang menyalami Wagub Sumbar tersebut.

Agus dan pemilik warung, tanpa sungkan banyak bertanya dan saling tukar pendapat, mulai dari ekonomi masyarakat sampai dengan adat dan budaya minangkabau.

Tanpa basa-basi pada kesempatan itu merekapun digunakan untuk menyampaikan harapannya kepada Nasrul Abit, berharap kiranya penyelenggara pemerintah provinsi Sumatera Barat bisa mensejahterakan masyarakat.

Menariknya, tawa senang pemilik warung ketika hendak berangkat dari warung tersebut, Nasrul Abit meminta kepada pemilik warung untuk membungkus kue AH sebagai oleh-oleh buat keluarga di Padang. (rls)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar