MITRA VALORA NEWS

Minggu, 2020-07-05 21:25 WIB

Perantau Tapi Selo Gelar Halal Bihalal Secara Virtual

<p>Perantau Tapi Selo Gelar Halal Bihalal Secara Virtual<p>

VALORAnews - Masyarakat Nagari Tapi Selo, Kecamatan Lintau Buo Utara, Tanahdatar, menggelar silaturahmi dan halal bihalal secara virtual, Ahad...

Kabut Asap Landa Padang, Feri Mulyani: Kasus ISPA Meningkat 11 Persen

AI Mangindo Kayo | Jumat, 13-09-2019 | 17:53 WIB | 274 klik | Kota Padang
<p>Kabut Asap Landa Padang, Feri Mulyani: Kasus ISPA Meningkat 11 Persen<p>

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang, Feri Mulyani.

VALORAnews - Kabut asap yang berasal dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di provinsi tetangga, saat ini mulai dirasakan dampaknya oleh masyarakat Padang.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang, Feri Mulyani, Jumat (13/9/2019), terjadi peningkatan kasus Infeksi Pernafasan Atas (ISPA) di ibu kota provinsi Sumbar ini.

"Kita memantau, kasus ISPA setiap minggunya. Dari data yang ada pada pekan ke-36 ini, terjadi peningkatan kasus ISPA sebesar 11% dari pekan ke-35," terang Feri Mulyani.


Saat ini, menurut dia, walau belum masuk kategori berbahaya seperti di Riau, kualitas udara di Kota Padang sudah masuk kategori tidak sehat.

Untuk itu, Feri Mulyani mengimbau masyarakat Padang, untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan. "Kalau memang harus beraktifitas di luar ruangan, sebaiknya gunakan masker dan kacamata pelindung," harapnya.

"Kalau ada masyarakat yang memiliki gejala batuk, sesak nafas, iritasi pada mata seperti mata merah, mata berair serta gatal pada kulit, untuk segera mendatangi sarana kesehatan terdekat seperti Puskesmas, klinik maupun dokter praktek terdekat," tambah Feri Mulyani.

"Untuk yang berkunjung ke sarana kesehatan terutama Puskesmas, kita akan membagikan masker terutama untuk kelompok yang beresiko seperti anak-anak, Lansia, ibu hamil dan penderita ISPA," tambahnya.

Selain itu, dia meminta masyarakat, untuk memperbanyak meminum air putih dan mengonsumsi buah dan sayuran. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar