MITRA VALORA NEWS

Layanan Keliling Disdukcapil Jangkau Kelurahan Rawang, Neneng: Layani KK dan Akta Kelahiran

AI Mangindo Kayo | Senin, 13-01-2020 | 17:07 WIB | 376 klik | Kota Padang
<p>Layanan Keliling Disdukcapil Jangkau Kelurahan Rawang, Neneng: Layani KK dan Akta Kelahiran<p>

Camat Padang Selatan, Teddy Antonius dan Andi Amir (Lurah Rawang) foto bersama dengan warga yang tengah mengurus dokumen kependudukan pada Layanan Keliling Disdukcapil Padang, di kantor Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan, Senin (12/1/2020). (veby rikiyanto/valoranews)

VALORAnews - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Padang, menargetkan sepanjang 2020 dapat melakukan pelayanan keliling di 104 kelurahan di ibu kota provinsi Sumbar ini. Hal tersebut sebagai upaya 'jemput bola' guna memberikan pelayanan prima ke masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Kasi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan Disdukcapil Padang, Musavana Taptu Ningsih saat mengunjungi Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan, Senin (12/1/2020).

"Kegiatan jemput bola ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat khususnya masyarakat yang ada di wilayah pinggiran," ungkap Neneng, demikian dia karib disapa.


Untuk saat ini, menurut Neneng, pelayanan keliling baru untuk pengurusan Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat terwujud tertib administrasi kependudukan.

"Masyarakat yang mengurus KK atau Akta Kelahiran, dapat langsung membawa pulang KK dan akta tersebut karena kita menggunakan sistem cetak di tempat," tambahnya.

Lurah Rawang, Andi Amir mengatakan, kegiatan ini dalam mewujudkan Kelurahan Rawang tertib Administrasi Kependudukan (Adminduk).

"Kita di kelurahan, berupaya untuk meningkatkan pelayanan ke masyarakat. Di antaranya pembenahan Ruang Pelatanan Terpadu Kelurahan yang nyaman, dilengkapi SOP yang jelas dan tidak berbelit-belit," ujarnya.

Ia menambahkan, di Kelurahan Rawang sudah ada Sistem Administrasi Terpadu Kelurahan (SIMANTEP), yang bertujuan memberikan rasa kepada masyarakat bahwa pemerintah itu ada dan siap melayani.

Camat Padang Selatan, Teddy Antonius yang turut hadir mengapresiasi kegiatan tersebut.

"Dengan kegiatan Adminduk jemput bola seperti ini, dapat memangkas birokrasi serta meringankan masyarakat, karena masyarakat tidak harus datang ke kantor Disdukcapildi Jl Sudirman, Padang (eks SMAN 1 Padang). Ini tentu menghemat waktu dan biaya bagi masyarakat," tuturnya. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar