MITRA VALORA NEWS

Ujian CAT CPNS Tanahdatar Dibagi Dua Gelombang

AI Mangindo Kayo | Senin, 10-02-2020 | 19:12 WIB | 323 klik | Kab. Tanah Datar
<p>Ujian CAT CPNS Tanahdatar Dibagi Dua Gelombang<p>

Peserta Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) penerimaan CPNS Kabupaten Tanahdatar 2020, ikuti ujian sistem CAT, Ahad (9/2/2020) di Universitas Putra Indonesia (UPI) YPTK Padang. (jheni rahmad/valoranews)

VALORAnews - Sebanyak 2.515 peserta, mengikuti Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) penerimaan CPNS Kabupaten Tanahdatar 2020, Ahad (9/2/2020) di Universitas Putra Indonesia (UPI) YPTK Padang.

Sekretaris Daerah Tanahdatar, Irwandi disela-sela persiapan mengatakan, ujian dilaksanakan dua hari dengan peserta 3.420 orang terbagi 7 sesi untuk mengisi 169 formasi CPNS. Pelaksanaan ujian berbasis Computer Assisted Test (CAT) atau komputerisasi.

"Pemkab bekerjasama dengan UPI Padang untuk proses ujian ini. Hari pertama ini diikuti 2.515 peserta yang terbagi ke dalam 5 sesi dan besok 905 peserta dua sesi, masing-masing sesi 1,5 jam dan jeda per sesi 30 menit," terang Irwandi didampingi Plt Kepala BKPSDM Tanahdatar, Elvi Sandri.


Pelaksanaan ujian ini, turut dimonitoring Asisten Administrasi Umum, Helfy Rahmy Harun, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Edi Susanto, Inspektur, Altri Suandi dan Kasat Pol PP Damkar, Yusnen.

Irwandi berharap, peserta mempersiapkan segala sesuatunya sesuai yang disyaratkan panitia agar tidak terkendala saat registrasi. "Kepada peserta, persiapkan segala sesuatunya dengan baik, patuhi tata tertib ujian dan bisa datang lebih awal karena prosesnya beberapa tahap," pesan Irwandi.

Dijelaskan, pemerintah daerah tugasnya fasilitasi pendaftaran peserta dan membantu kebutuhan untuk pelaksanaan ujian sedangkan saat di ruang ujian difasilitasi oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Irwandi juga tegaskan, kelulusan ditentukan kemampuan peserta sendiri. "Pemerintah daerah tidak punya kewenangan meluluskan peserta, tetapi tergantung kemampuan peserta sesuai sistem yang sudah dibuat BKN. Dengan sistem CAT, BKN menjamin hasil yang diperoleh peserta ujian dapat diketahui secara langsung tanpa perlu menunggu lama," ucapnya.

"Panitia daerah melibatkan beberapa perangkat daerah, tim inti BKPSDM dibantu tim pengamanan dari Satpol PP, tim kesehatan dari Dinas Kesehatan dan tim pengawasan dari Inspektorat," sebut Irwandi.

"Harapan kita ujian berjalan baik dan lancar, dan nanti terpilih CPNS yang berkualitas sesuai komptensi yang kita harapkan sehingga formasi tahun ini bisa menutupi kekurangan yang ada selama ini," pungkasnya.

Sementara Kabid Pengadaan Pensiun dan Informasi BPKSDM, Yuri Yasmin menambahkan, jumlah pelamar keseluruhan 4.282 orang, lulus seleksi adminitrasi 3.426 orang, ikut ujian SKD 3.420 dan 6 orang kategori P1/TL (memilih tidak ikut ujian SKD).

Adapun tahapan lanjutan, jelas Yuri, Pengumuman Hasil SKD, Pelaksanaan Seleksi Komptensi Bidang (SKB) dengan CAT pada Maret 2020, Integrasi nilai SKD dan SKB, Pengumuman kelulusan akhir dan pemberkasan bagi peserta yang lulus (usul penetapan NIP) pada April 2020.(jen)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kab. Tanah Datar