MITRA VALORA NEWS

Kapolda Sumbar Silaturahmi dengan Insan Pers

Hoax Beredar Massif di Sumbar

AI Mangindo Kayo | Kamis, 20-02-2020 | 18:19 WIB | 213 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Hoax Beredar Massif di Sumbar<p>

Kapolda Sumbar, Irjen Pol Toni Harmanto bersama sebagian pengurus PWI Sumbar, foto bersama usai bersilaturahmi dan kemitraan dengan wartawan, Kamis (20/2/2020). (very rikiyanto/valoranews)

VALORAnews -- Kapolda Sumbar, Irjen Pol Toni Harmanto menegaskan, media cetak, siber maupun elektronik, memiki peran sangat penting dalam ikut menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif.

"Tanpa media, masyarakat tidak akan tahu kinerja Polri, jadi polisi dan wartawan itu tidak bisa dipisahkan karena sama-sama membutuhkan," ungkap jendral bintang dua itu, saat bersilaturahmi dan kemitraan dengan wartawan, Kamis (20/2/2020).

Silaturahmi ini sekaligus dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional ke-74. Kegiatan yang digagas Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu ini bertujuan, mempererat hubungan silaturahmi antara media dan Polda Sumbar beserta jajaran.


Dia tidak menampik, banyaknya berita bohong (hoax) beredar di Sumbar. Untuk itu, ia meminta peran media cetak, elektronik dan online untuk memberikan informasi yang benar, demi ketenangan dan kenyamanan Sumbar.

Sementara, Ketua Dewan Kehormatan PWI Sumbar, Basril Basyar dalam sambutannya mengapresiasi Kapolda Sumbar, yang telah melakukan kemitraan dengan wartawan.

"Polda Sumbar merupakan Polda pertama yang melakukan kemitraan dengan wartawan dalam rangka hari pers," ujarnya.

Ia juga meminta pihak kepolisian, ikut bekerjasama jika ada laporan terkait wartawan. Ditegaskannya, wartawan itu diatur dan tunduk pada UU No 40 Tahun 1999. Wartawan juga memiliki kode etik dalam pemberitaan.

"Wartawan dan media juga sudah melalui lroses sertivikasi oleh Dewan Pers. Jika ada laporan terkait sebuah pemberitaan, kita harap kepolisian menyerahkan permasalahan tersebut kepada Dewan Pers," ujarnya.

Pada kesempatan ini, Irjen Toni juga memberikan piagam penghargaan kepada 11 orang wartawan yang aktif melakukan peliputan di Polda Sumbar. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar