MITRA VALORA NEWS

Kamis, 2020-08-06 19:53 WIB

Empat Kelahiran di Malalak, Seorang Penderita Stunting

<p>Empat Kelahiran di Malalak, Seorang Penderita Stunting<p>

VALORAnews - Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria menilai, stunting bisa ditekan melalui gerakan bersama. Tapi, jangan pernah sekali-kali...

Jalan Sehat DPP IKA Unand Ditunda

Alumni Unand Galang Dana Pembuatan Hand Sanitizer Gratis

AI Mangindo Kayo | Selasa, 17-03-2020 | 19:38 WIB | 344 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Alumni Unand Galang Dana Pembuatan Hand Sanitizer Gratis<p>

Deputi Bidang Kajian Strategis Lemhanas RI, Prof Reni Mayerni bersama Wakil Rektor III Universitas Andalas, Dr Insannul Kamil saat diskusi terkait RUU Omnibus Law di Jakarta, beberapa waktu lalu. (istimewa)

VALORAnews - Dewan Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Andalas (DPP IKA Unand) menggalang dana untuk mendukung program pembuatan hand sanitizer, sebagai bagian kontribusi alumni dalam pencegahan penyebaran virus corona (Covid19) di Ranah Minang.

"Mulai dari ketua umum, Asman Abnur, para wakil ketua umum, Sekjen hingga pengurus alumni se-Indonesia telah ikut badoncek (penggalangan dana khas masyarakat Minang-red). Juga ikut berpartisipasi, sejumlah tokoh Sumbar di ranah maupun rantau," ungkap Sekjen DPP IKA Unand, Prof Reni Mayerni melalui pesan whatsapp, Selasa (17/3/2020).

Dikatakan Prof Reni, penggalangan dana ini dilakukan secara berantai melalui berbagai grup percakapan di platform media sosial seperti whatsapp maupun di jejaring sosial semisal website IKA Unand atau lainnya. Nanti, produknya akan dimanfaatkan mahasiswa Unand dan Universitas Dharma Andalas (Unidha) yang dimiliki IKA Unand.


"Bagi masyarakat yang juga ingin ikut berkontribusi, bisa menyalurkan donasinya ke BPD Sumbar (Bank Nagari) pada rekening nomor 21000210266151 (kode 118) an. DPP IKA Unand," ungkap Prof Reni yang juga Deputi Bidang Pengkajian Strategik Lemhannas RI.

Dikatakan Prof Reni, satu hari penggalangan donasi, dana yang terkumpul sudah memadai. "Segera akan kita mulai proses pembuatan hand sanitizer bersama laboratorium yang ditunjuk rektor Unand, sembari menunggu pasokan alkohol yang juga mulai terbatas," ungkapnya.

Disebutkan Prof Reni, DPP IKA Unand juga terus berkoordinasi dengan Rektor Unand, Prof Yuliandri dalam proses pembuatan hand sanitizer yang diyakini sebagai salah satu langkah efektif dan murah, dalam pencegahan penularan Covid19 secara luas di masyarakat.

"Informasi dari Rektor Unand, Pak Prof Yuliandri, laboratorium Fakultas Farmasi, tengah memproses pembuatan 200 liter hand sanitizer. Mari kita doakan, semoga niat baik alumni bersama almamater, bisa bercalan lancar," harapnya.

Jalan Sehat Ditunda

Ketua Panitia Pelaksana Jalan Sehat DPP IKA Unand, Ilhamsyah Mirman bersama Mona Sisca (sekretaris) dalam pernyataan tertulisnya menyampaikan, kegiatan Jalan Sehat DPP IKA Unand dalam Menyongsong Hari Kesiapsiagaan Bencana 2020 yang dijadwalkan dilaksanakan di Padang pada 5 April 2020, ditunda sampai waktu yang belum ditentukan.

"Keputusan ini mencermati situasi terakhir perkembangan pandemic Covid19 dari waktu ke waktu, terutama berdasarkan kebijakan pemerintah di berbagai tingkatan mulai dari pusat sampai ke daerah serta protokol kesehatan yang mengimbau social distancing termasuk di dalamnya menghindari kerumunan serta kegiatan pengumpulan massa," ungkap Ilhamsyah Mirman.

Untuk selanjutnya, terang dia, panitia menunggu sampai situasi yang memungkinkan untuk menggelar acara yang bertujuan memperkuat tali silaturrahim sekaligus kontribusi alumni pada sosialisasi/edukasi Kesiapsiagaan Bencana.

"Sekiranya ada hal yang penting untuk dikomunikasikan oleh para alumni maupun mitra yang telah bekerja sama dan mendukung penuh rencana acara ini, bisa menghubungi panitia di nomor 081266432631 (Ilham) atau 085265949650 (Mona)," ungkap dia. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar