MITRA VALORA NEWS

Senin, 2020-06-01 17:41 WIB

Ansor Sumbar Satukan Pemikiran Hadapi Tantangan New Normal

<p>Ansor Sumbar Satukan Pemikiran Hadapi Tantangan New Normal<p>

VALORAnews -- Ketua Pengurus Wilayah Gerakan Pemuda (PW GP) Ansor Sumatera Barat, Rahmat Tuanku Sulaiman mengharapkan semua warga Nahdyin, menyatukan...

Ini Langkah Pemkab Solsel Antisipasi Penyebaran Virus Corona

AI Mangindo Kayo | Rabu, 18-03-2020 | 16:32 WIB | 456 klik | Kab. Solok Selatan
<p>Ini Langkah Pemkab Solsel Antisipasi Penyebaran Virus Corona<p>

Sekdakab Solok Selatan Yulian Efi usai rapat koordinasi (Rakor) Antisipasi Penyebaran Virus Corona (Covid-19), di aula Tansi Ampek, Rabu (18/3/2020). (humas)

VALORAnews -- Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Solok Selatan akan di SK-kan oleh Plt Bupati Solsel. Kemudian, OPD terkait juga diinstruksikan, untuk segera membuat edaran dan sosialisasi hingga ke sekolah-sekolah.

"Semua ini harus dilakukan secara massif dan sesegera mungkin," ungkap Sekdakab Solok Selatan Yulian Efi usai rapat koordinasi (Rakor) Antisipasi Penyebaran Virus Corona (Covid-19), di aula Tansi Ampek, Rabu (18/3/2020).

Rapat yang difasilitasi BPBD Solsel ini, juga dihadiri unsur Forkopimda dan OPD terkait. Ikut hadir Kepala BPBD Solsel, Richi Amran.


Dalam rangka keselarasan informasi terkait wabah ini, ungkap Yulian Efi, rapat memutuskan agar corong informasi disatukan melalui Kadis Kesehatan dengan tim yang ditunjuknya nanti.

Kemudian, kegiatan-kegiatan yang bersifat di luar ruangan dan pengumpulan massa, ditiadakan terlebih dulu. Kemudian perlu juga peningkatan pengawasan terhadap mobilitas masyarakat yang bepergian dari luar negeri.

"Kita juga instruksikan pada camat, untuk menyampaikan kepada pihak kenagarian untuk melaporkan setiap kedatangan warganya dari luar negeri atau dari daerah yang terpapar virus ini agar dapat dilakukan pengawasan kesehatan nantinya," tambahnya

Warga juga diminta peran serta aktifnya untuk melaporkan ke fasilitas kesehatan terdekat, jika menemui masyarakat yang mengalami gejala seperti demam tinggi yang disertai sesak nafas, batuk dan juga influenza.

Dia menambahkan, hasil rapat serupa di provinsi kemarin, Sumbar termasuk Solok Selatan secara umum masih dalam keadaan aman. Belum ada yang terkonfirmasi positif terjangkit wabah Covid19. Namun perlu ditingkatkan kewaspadaan dan antisipasi penanganan penyebaran wabah yang telah melanda berbagai negara ini.

Menurutnya, untuk sementara waktu aktifitas belajar mengajar tetap seperti biasa. Namun kebijakan tersebut akan tetap dievaluasi, dan bisa berubah nantinya.

Senada dengan itu, Ketua DPRD Solok Selatan, Zigo Rolanda juga mengharapkan agar segera dilakukan sosialisasi oleh para guru di ruang-ruang kelas secara massif. Kemudian, layanan pemerintah agar tetap berjalan seperti biasa, namun dengan memperhatikan langkah-langkah antisipasi pencegahan di kantor kantor pelayanan seperti penyediaan disinfektan atau sabun untuk mencuci tangan, pemakaian masker dan lainnya.

Selanjutnya, ia juga meminta para camat untuk segera mengumpulkan wali nagari, dan menyusun sosialisasi langkah pencegahan COVID-19 ini secara massif.

Baik pihak Polres, TNI-AD, dan juga kejaksaan yang hadir dalam rapat tersebut menegaskan bahwa jajaran mereka siap bahu-membahu bersama unsur pemerintahan daerah dalam menanggulangi penyebaran wabah Corona tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Solsel, Novirman mengatakan, pihaknya telah melakukan langkah-langkah dalam rangka kewaspadaan dini.

"Secara internal, kita sudah bentuk Tim Gerak Cepat KLB/wabah internal, kemudian menyampaikan Surat edaran kewaspadaan dini Covid-19 dari Plt Bupati Solok Selatan, mempersiapkan logistik Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis, serta penguatan informasi melalui berbagai media," jelasnya.

Saat ini, menurut Novirman, terdapat di Solsel terdapat 29 orang Orang Dalam Pengawasan (ODP), 3 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan 8 orang yang sudah selesai dikarantina.

"Insya Allah besok, (Kamis-red) masa ODP 29 orang tersebut berakhir. Hingga saat ini, alhamdulillah kondisi mereka dalam kondisi sehat. Untuk PDP, 2 orang sudah kembali ke rumah dan 1 orang masih dirawat di Padang. Untuk Solsel dan juga Sumbar, sampai saat ini tidak ada yang positif Corona," ujarnya. (rls)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kab. Solok Selatan