MITRA VALORA NEWS

Ini Langkah Antisipasi Puskesmas Padang Pasir Cegah Penyebaran Covid19

AI Mangindo Kayo | Kamis, 09-04-2020 | 17:20 WIB | 161 klik | Kota Padang
<p>Ini Langkah Antisipasi Puskesmas Padang Pasir Cegah Penyebaran Covid19<p>

Pintu masuk utama gedung Puskesmas Padang Pasir ditempatkan bilik disinfektan serta tempat mencuci tangan serta hand sanitizer. (istimewa)

VALORAnews - Kepala Puskesmas Padang Pasir, dr Winanda menegaskan, setiap pasien yang datang fasilitas kesehatan (Faskes) tingkat dasar di kelurahan Padang Pasir itu, wajib melalui bilik disinfektan serta mencuci tangan dengan hand sanitizer yang telah disiapkan. Selanjutnya pasien akan dilakukan pengukuran suhu tubuh.

"Pasien dengan suhu tubuh di atas 37.5 derjat celcius serta pasien yang menderita demam, batuk dan pilek, akan kita kelompokan dan menempati ruang tunggu terpisah dari pasien lainnya," ujar dr Winanda tentang langkah antisipasi sekaligus pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid19) di lingkungan Puskesmas yang dipimpinnya itu, Kamis (9/4/2020).

Menurutnya, juga telah disiapkan petugas yang akan mengurus pasien tersebut, mulai dari pendaftaran hingga pengambilan obat. Ini dilakukan, untuk membatasi agar si pasien tidak banyak berkeliling Puskesmas.


Selain menyiapkan petugas yang memakai APD, ruang pemeriksaan juga di pasang pembatas dari kaca. Juga disediakan tempat cuci tangan yang ditempatkan di dekat pintu masuk gedung.

"Ini sebagai bentuk upaya kita mencegah dan mengantisipasi menyebarnya Covid19 serta melindungi petugas," terang dia.

"Kita kan tidak tahu, apakah pasien tersebut terjangkit Covid19 atau tidak, karena gejala awalnya sama seperti demam dengan suhu tubuh tinggi, batuk serta pilek. Makanya, kita wajib mengantisipasi," tambahnya. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar