MITRA VALORA NEWS

Bantuan Program Sosial BI Sumbar Disalurkan melalui Lazis Mitra Ummat dan Baznas Padang

AI Mangindo Kayo | Rabu, 20-05-2020 | 22:17 WIB | 356 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Bantuan Program Sosial BI Sumbar Disalurkan melalui Lazis Mitra Ummat dan Baznas Padang<p>

Kepala Perwakilan BI Sumatera Barat Wahyu Purnama menyerahkan secara simbolis bantuan kepada kepala Baznas Kota Padang Epi Santoso di Gedung BI Sumbar, Rabu (20/05/2020). (veby rikiyanto/valoranews)

VALORAnews - Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumbar, menyerahkan bantuan pada Lembaga Amil Zakat Infak dan Shodaqoh (LAZIS) Yayasan Mitra Ummat Madani dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Padang, Rabu (20/5/2020).

"Bantuan ini untuk diberikan pada masyarakat di sekitar Padang yang sosial dan ekonominya terdampak wabah Covid19," ungkap Kepala Perwakilan BI Sumatera Barat Wahyu Purnama menyerahkan secara simbolis bantuan pada Ketua Baznas Padang, Epi Santoso di Gedung BI Sumbar.

Bantuan yang diberikan melalui LAZIS Mitra Ummat Madani berupa Paket Sembako, Masker non-medis dan Vitamin pada 330 Keluarga Penerima Manfaat dengan total bantuan senilai Rp100 juta. Paket sembako tersebut berupa beras, gula, telur ayam dan itik, minyak goreng, teh kotak, mie instan, ikan kering dan garam, sabun mandi, sabun cuci, masker kain dan vitamin dengan nilai per paketnya sebesar Rp350 ribu rupiah.


Bantuan yang diberikan melalui Baznas Padang berupa Paket Sembako, Masker non-medis dan Hand Sanitizer bagi 1.100 Keluarga Penerima Manfaat dengan total bantuan senilai Rp196,350 juta. Rincian paket sembako tersebut adalah beras 5 kg, minyak goreng 2 liter, tepung terigu 1 kg, teh celup 25 pcs, gula pasir 1 kg, 5 buah indomie, 5 unit masker kain dan 1 botol hand sanitizer dengan nilai per paketnya sebesar Rp178.500.

"Pemberian bantuan ini sebagai wujud kepedulian sosial Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat terhadap bencana kesehatan yang telah mempengaruhi hampir semua sektor perekonomian dan sosial," ungkap Wahyu

Dikatakan, program PSBI dengan fokus bantuan antara lain penyediaan paket sembako dan sarana kesehatan kepada tenaga medis dan juga pada masyarakat khususnya yang terkena dampak ekonomi, masih akan terus dilakukan sampai wabah pandemi global ini dapat dituntaskan.

Sebelumnya, BI Sumatera Barat juga telah menyerahkan bantuan PSBI pada Rumah Sakit dan Masyarakat melalui Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid19 Kota Padang berupa 120 unit Alat Pelindung Diri untuk Tenaga Medis dan 1.150 lembar Masker Non Medis untuk masyarakat sekitar dengan total bantuan senilai Rp67,1 juta.

Selain melalui PSBI, Bank Indonesia Sumbar beserta pengurus BMPD Sumbar, juga telah menyerahkan bantuan pada 8 Rumah sakit, yaitu RSUP M Djamil, RSUD Rasyidin, RS Universitas Andalas, RSUD M Zein Painan, RS BKM Painan, RSUD Mentawai, RS Ahmad Mukhtar Bukittinggi dan RSUD Adnan WD Payakumbuh.

"Bantuan yang diberikan berupa 565 set baju APD dan 150 box masker dengan total bantuan senilai Rp162 juta," ungkapnya.

Pada 15 Mei 2020 lalu, BI Sumatera Barat beserta pengurus BMPD Sumbar juga turut menyerahkan bantuan berupa Paket Sembako pada 8 Panti Asuhan yaitu Al Fath Padang Selatan, Annisa Sawahan, Amanah Putri Padang Selatan, Amanah BKS PA Padang, Puti Bungsu Padang, Anak Mentawai Gurun Laweh, Ridho Rahmat, Mentawai Ulu Gadut dan Bundo Saiyo Padang dengan total bantuan senilai Rp34,55 juta.

Keluarga besar Bank Indonesia khususnya yang berada di Kantor Perwakilan BI Sumatera Barat, terangnya, secara aktif telah rutin ikut serta membantu meringankan beban masyarakat kurang mampu di wilayah kota Padang dan sekitarnya.

Upaya yang telah dilakukan melalui program Bank Indonesia Takjil Corner (BIT Corner) sebagai salah satu program Bank Indonesia-Religi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat yang dananya berasal dari sumbangan/infaq pegawai Bank Indonesia.

"Pada 15 Mei 2020, telah disalurkan 55 Paket Berkah Takjil pada tetangga-tetangga yang membutuhkan di sekitar Komplek Perumahan Bank Indonesia Sawahan," ungkap dia.

Selama Ramadhan 1441 H ini, Kantor BI Sumbar juga tetap menyediakan kebutuhan uang pecahan kecil, tidak melayani penukaran uang secara langsung. Bagi masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang, harus di Bank Nagari, Bank Mandiri, BNI dan BRI terdekat.

"Kebijakan ini dilakukan serentak di Kantor Perwakilan Bank Indonesia di seluruh provinsi, kota dan kabupaten dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid19," terangnya.

"Kami turut mengimbau masyarakat, untuk berperan aktif mengikuti seruan pemerintah dalam memitigasi penyebaran Covid19, dengan melakukan hal kecil untuk sesuatu yang besar," ungkap Wahyu.

Di antaranya, belajar dari rumah, bekerja dari rumah, ibadah dari rumah. Terapkan pola hidup bersih dan sehat, selalu kenakan masker jika harus keluar rumah, dan cuci tangan dengan sabun. Selain itu, membiasakan diri bertransaksi secara non tunai, seperti menggunakan internet banking, mobile banking dan QR Code International Standard (QRIS). (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar