MITRA VALORA NEWS

Minggu, 2020-05-24 11:08 WIB

Ansor Padang Serahkan Paket Lebaran untuk Warga Terdampak Covid19

<p>Ansor Padang Serahkan Paket Lebaran untuk Warga Terdampak Covid19<p>

VALORAnews - Team Gugus Tugas Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Padang, bergerak menelusuri masyarakat yang membutuhkan bantuan. Team...

Milad ke-7 Ikrar Sedunia Ditandai dengan Bagi-bagi Kupon Belanja di Pasar Rao-rao

AI Mangindo Kayo | Kamis, 21-05-2020 | 13:55 WIB | 197 klik | Kab. Tanah Datar
<p>Milad ke-7 Ikrar Sedunia Ditandai dengan Bagi-bagi Kupon Belanja di Pasar Rao-rao<p>

Wakil Bupati Tanahdatar, Zuldafri Darma berbelanja di Pasar Rao-rao yang merupakan milad ke-7 tahun, Rabu (20/5/2020) di Pasar Rao-rao, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanahdatar. (jheni rahmad/valoranews)

VALORAnews - Ikatan Keluarga Rao-rao (Ikrar), Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanahdatar yang berdomisili di perantauan baik di wilayah Indonesia maupun luar negeri melaksanakan milad yang ke-7 tahun, Rabu (20/5/2020) di Pasar Rao-rao. Kekerabatan ini diikat dalam tali persaudaraan IKRAR Sedunia.

Di hari jadi ke-7 tahun tersebut, berbagai kegiatan sosial dilakukan. Di antaranya, pemberian kupon berbelanja Sembako bagi masyarakat dan pengunjung Pasar Rao-rao. Kegiatan bertajuk Anniversary 7 Tahun IKRAR Sedunia Sumarak Balai Sotu itu, dihadiri Wakil Bupati Tanahdatar, Zuldafri Darma.

Juga hadir Kepala Dinas Koperindag, Darfizal, Camat Sungai Tarab, Afrizal, Forkopimca dan Wali Nagari Rao-rao.


Komando Lapangan IKRAR Sedunia, Dones mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang di kampung halaman terkhusus Nagari Rao-rao yang terdampak pandemi Virus Corona (Covid19).

"Kita membagikan kupon berbelanja sembako gratis pada masyarakat, jadi masyarakat terbantu dan pedagang juga terbantu pula," ungkap Dones.

"Kita berikan kupon pada masyarakat, nanti berbelanja di Pasar Rao-Rao kemudian pedagang akan menukarkan kupon tersebut kepada kami panitia dan kami bayarkan dengan uang tunai pada pedagang sesuai harga masing-masing kupon dan tanpa ada pungutan sepersen pun," ucapnya.

Disampaikan Dones, ada sebanyak 20 jenis kebutuhan bahan pokok yang dapat ditukarkan kepada pedagang dengan jumlah kupon yang dibagikan mencapai 1.350 kupon. "Pembagian kupon ini kita lakukan sehari sebelum hari pasar dan pada saat hari pasar kami pantau transaksi di pasar dan sekaligus menunggu pedagang yang akan menukar kupon dengan uang di posko," tambahnya.

Untuk harga masing-masing kupon, ungkap Dones, bervariasi mulai dari harga Rp5 ribu hingga Rp45 ribu. Sementara, untuk kegitan sosial lainnya, juga ada Pasar Pabukoan dengan sistem pembagian kupon juga.

Khusus untuk hari Jumat menjelang lebaran, ada kegiatan pemotongan sapi dan dagingnya akan dibagikan pada masyarakat.

Zuldafri Darma usai membagikan kupon belanja sembako IKRAR Sedunia ini menyampaikan apresiasi, aksi sosial IKRAR Sedunia yang telah peduli terhadap masyarakat di kampung halaman khususnya Nagari Rao-rao.

Menurut dia, kepedulian perantau terhadap kampung halaman sangat berperan untuk kemajuan di daerah. "Cukup banyak bakti sosial yang dilakukan IKRAR, sebelum ini juga telah diberikan bantuan berupa masker," ungkapnya.

"Hal ini bukti nyata kepedulian yang patut kita tiru, dan kepedulian terhadap satu nagari saja sudah merupakan kepedulian kepada daerah, mengingat keterbatasan kemampuan keuangan daerah, bantuan perantau sangat mendukung percepatan kemajuan pembangunan daerah," ucap dia.

Disampaikan Zuldafri, tiga bulan terakhir ini, IKRAR Sedunia maupun BPIKRAR sudah berkontribusi bagi Nagari Rao-Raomencapai Rp600 juta. Ada yang berupa APD untuk Puskesmas (baju Hazmat, Thermogun) dan masker untuk masyarakat.

Selain itu, BPIKRAR juga memberikan beasiswa pendidikan rutin bagi anak-anak di Nagari Rao-rao setiap bulannya sebesar Rp28 juta untuk 75 orang pelajar mulai tingkat SD, SMP, SMA dan Mahasiswa. Beasiswa ini sudah berjalan selama tiga tahun.

Terkait peningkatan kesadaran masyarakat pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Zuldafri terus mengingatkan masyarakat, untuk selalu mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, menjaga kebersihan, hindari kerumunan dan memakai masker jika keluar rumah. (jen)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar