MITRA VALORA NEWS

Jumat, 2020-12-04 11:34 WIB

Program 100 Hari NA-IC, Andre Rosiade: Bisa Langsung Dikebut, yang lain Meraba-raba

<p>Program 100 Hari NA-IC, Andre Rosiade: Bisa Langsung Dikebut, yang lain Meraba-raba<p>

VALORAnews - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit-Indra Catri tampak lebih unggul dari tiga pasangan lain, pada debat calon...

Gempabumi Tektonik 5,3 SR Mengguncang Tua Pejat

AI Mangindo Kayo | Sabtu, 23-05-2020 | 08:59 WIB | 535 klik | Kab. Mentawai
<p>Gempabumi Tektonik 5,3 SR Mengguncang Tua Pejat<p>

Info grafis gempa bumi.

VALORnews - Wilayah Tua Pejat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, diguncang gempabumi tektonik yang memiliki parameter update magnitudo 5,0 Skala Richter (SR) pada Sabtu (23/5/2020) sekitar pukul 05.36 WIB. Beberapa saat setelah kejadian, seismograf BMKG mencatat gempa ini berkekuatan 5,3 SR.

"Pusat gempa terletak pada koordinat 2.39 LS dan 99.58 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 40 km arah Barat Daya Tua Pejat, pada kedalaman 28 km," ungkap Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono dalam pernyataan tertulis yang diterima.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, terang Rahmat, gempabumi berkedalaman dangkal ini diakibatkan adanya aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia yang menujam di bawah Lempeng Eurasia.


"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme naik (thrust fault)," terangnya.

Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Tua Pejat III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

"Hingga pukul 06:20 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock)," tukas dia. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar