MITRA VALORA NEWS

Kamis, 2020-08-06 19:53 WIB

Empat Kelahiran di Malalak, Seorang Penderita Stunting

<p>Empat Kelahiran di Malalak, Seorang Penderita Stunting<p>

VALORAnews - Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria menilai, stunting bisa ditekan melalui gerakan bersama. Tapi, jangan pernah sekali-kali...

Gempa 5,7 SR Berpusat di Muko-muko, Getarannya Terasa Sampai ke Dharmasraya

AI Mangindo Kayo | Rabu, 10-06-2020 | 12:12 WIB | 75 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Gempa 5,7 SR Berpusat di Muko-muko, Getarannya Terasa Sampai ke Dharmasraya<p>

Infografis gempa Muko-muko, Bengkulu, Rabu (10/6/2020) sekitar pukul 11.35 WIB.

VALORAnews - Gempabumi dengan parameter 5.7 SR (skala richter) terasa cukup kuat di Padang, Sumbar, Rabu (10/6/2020) sekitar pukul 11.35 WIB.

Data yang dirilis BMKG melalui pesan whatsapp, pusat gempa berada di 28 km Barat Daya Muko-muko, Bengkulu tepatnya di koordinat 2.73 LS dan 100.91 BT dengan kedalaman 24 Km di laut. Gempa ini disebutkan tidak berpotensi tsunami.

Salah seorang warga Padang, Naldi Tanjung menyebutkan, saat gempa terjadi, dirinya tengah mengantri bersama nasabah BRI lainnya, di kantor cabang Padang, Jl Bagindo Azis Chan.


"Antrian jadi bubar. Nasabah berlarian ke halaman, tempat yang dianggap aman dari bahaya gempa," ungkap Naldi melalui pesan tertulis di grup whatsapp tempat tinggalnya, Komplek Permata Surau Gadang, Padang.

Dari grup whatsapp BMKG dan Stakeholder, gempa ini dirasakan kuat di Dharmasraya, Pesisir Selatan hingga Sungai Penuh dan Kerinci di Jambi. "Terasa sekitar 30 detik," ungkap Kapolres Pessel, AKBP Cepi Noval di grup itu.

Sementara, seorang warga Manna, Bengkulu, Ferizal mengaku, tak merasakan goyangan gempa di tempat tinggalnya yang berada di pesisir pantai.

"Tak terasa getarannya di Manna. Mungkin terlalu jauh selisih jaraknya antara Muko-muko dengan Kota Padang, Manna dengan Muko-muko yang jadi episentrum gempa," ungkapnya.

Sementara, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono meminta, warga yang ingin mengetahui informasi seputar gempa secara real time, bisa mengunduh aplikasi 'real-time earthquakes' yang merupakan kerjasama BMKG dengan AEIC.

"Aplikasinya bisa diunduh gratis di playstore," ungkap Rahmat Triyono. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar