MITRA VALORA NEWS

Rabu, 2020-08-05 07:37 WIB

Gempabumi Tektonik 5,2 SR Menggoncang, Episenter di Laut Pessel

<p>Gempabumi Tektonik 5,2 SR Menggoncang, Episenter di Laut Pessel<p>

VALORAnews - Wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera, diguncang gempa tektonik dengan magnitudo 5,1 Skala Richter (SR), Rabu (5/8/2020), pukul...

Ratusan Gram Dimusnahkan, Indikasi Kasus Narkoba Melonjak di Tanahdatar

AI Mangindo Kayo | Selasa, 16-06-2020 | 21:59 WIB | 371 klik | Kab. Tanah Datar
<p>Ratusan Gram Dimusnahkan, Indikasi Kasus Narkoba Melonjak di Tanahdatar<p>

Wakil Bupati Tanahdatar, H Zuldafri Darma bersama Forkopimda, ikut membakar barang bukti narkoba berasal 58 perkara sepanjang setahun belakangan ini, Selasa (16/6/2020) di halaman kantor Kejaksaan Negeri Batusangkar. (jheni rahmad/valoranews)

VALORAnews - Wakil Bupati Tanahdatar, H Zuldafri Darma ikut serta dalam pemusnahan barang bukti narkoba berasal 58 perkara sepanjang setahun belakangan ini yang telah berkekuatan hukum tetap (inkracht), Selasa (16/6/2020) di halaman kantor Kejaksaan Negeri Batusangkar.

Dirincikan, BB Narkoba berupa Shabu dengan total seberat 295,26 gram, ganja seberat 3.900 gram dan barang temuan ganja dari Polres Tanahdatar seberat 4.340 gram dimusnahkan dengan cara dihancurkan menggunakan mesin.

Terdapat pula BB berupa telepon genggam, alat pengisap sabu, parang dan sebagainya yang dimusnahkan dengan cara dibakar.


Dengan total penemuan BB Narkoba tersebut tingkat konsumsi narkoba di Tanahdatar cenderung menunjukkan angka peningkatan. Oleh karena itu, dengan pemusnahan BB menjadi pelajaran berharga bagi masyarakat untuk menghindari penyalahgunaan dan peredaran obat-obatan terlarang.

Zuldafri Darma mengatakan, pemusnahan BB digagas Kejari Batusangkar, membuktikan perlawanan terhadap Norkoba di Luhak Nan Tuo ini.

"Pemkab Tanahdatar mengucapkan apresiasi dan terima kasih, terhadap prosesi pemusnahan yang dilakukan kali ini, bahwasannya ini merupakan hasil dari wujud kerja serta tanggung jawab Kapolres dan Kajari beserta jajaran, yang tidak tinggal diam atas seluruh tindak kejahatan pidana yang ada," terangnya.

"Sebagai pusek jalo pumpunan ikan, pusat adatnya Minangkabau berfilosofi adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah sudah sepantasnyalah menjauhi Narkoba yang dapat merusak generasi muda kita," ujar Zuldafri.

Ke depannya, Zuldafri berharap, sinergitas semua pihak untuk memberantas narkoba terus ditingkatkan, "Hari ini, adalah langkah kita untuk melakukan pencegahan narkoba demi menyelamatkan masa depan generasi kita, mudah-mudahan kita semua diberi kelancaran untuk melakukannya," harap Zuldafri.

Sementara, Kepala Kejari Batusangkar, Hardijono Sidayat mengatakan, pemusnahan BB narkoba yang melibatkan banyak pihak ini, bukan hanya sekadar acara seremonial belaka akan tetapi menunjukkan keseriusan untuk pemberantasan penyalahgunaan narkoba di Luhak nan Tuo itu.

"Melihat adik bermain bola, melihat ayah membaca koran, jika ingin terhindar dari narkoba, maka kuatkanlah taqwa dan iman," ujar Hardijono Sidayat dalam pantunnya.

Hadir pada saat itu, ketua DPRD Tanahdatar, Rony Mulyadi Dt Bungsu, Kapolres Tanahdatar, AKBP Rokhmad Hari Purnomo, Kepala Pengadilan Negeri Tanahdatar, Kepala Rutan Batusangkar, Kasdim 0307 Tanahdatar, Mayor Inf Munawar, Kepala Dinas Kesehatan Tanahdatar, Dr Yesrita Zedrianis dan tamu undangan lainnya.(jen)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar