MITRA VALORA NEWS

Kamis, 2020-08-06 19:53 WIB

Empat Kelahiran di Malalak, Seorang Penderita Stunting

<p>Empat Kelahiran di Malalak, Seorang Penderita Stunting<p>

VALORAnews - Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria menilai, stunting bisa ditekan melalui gerakan bersama. Tapi, jangan pernah sekali-kali...

Gempabumi Interplate Berkekuatan 4,1 SR Goncang Painan

AI Mangindo Kayo | Selasa, 16-06-2020 | 19:03 WIB | 403 klik | Kab. Pesisir Selatan
<p>Gempabumi Interplate Berkekuatan 4,1 SR Goncang Painan<p>

Infografis.

VALORAnews -- Stasiun BMKG Padangpanjang mencatat, Selasa (16/6/2020), pukul 18.07 WIB, wilayah Painan, dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan 4.1 SR.

"Episenter terletak pada koordinat 1.40 LS dan 100.55 BT, atau tepatnya berlokasi di Laut pada jarak 6 km Barat Daya Painan pada kedalaman 50 kilometer," ungkap Kepala Stasiun Geofisika Klas I Padangpanjang, Irwan Slamet dalam pernyataan tertulis yang diterima beberapa saat setelah gempa.

Dikatakan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan gempa interplate akibat penyesaran dalam lempeng Eurasia.


Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan masyarakat, dirasakan di wilayah Painan dengan Skala Intensitas III MMI dan Kota Padang II MMI. Artinya, getaran dirasakan nyata dalam rumah, seakan-akan truk berlalu.

Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut. "Hingga pukul 18.37 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock)," ungkap dia. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kab. Pesisir Selatan